Breaking News:

Gempa di Jepang

Perbaikan Jalur Kereta Api Shinkansen ke Wilayah Gempa Fukushima Jepang Butuh Waktu 10 Hari

Jalur Tohoku-Hokkaido telah ditangguhkan dari operasi di jalur atas dan bawah antara Stasiun Nasushiobara dan Stasiun Morioka karena kerusakan.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Tiang kabel jalur shinkansen bengkok akibat terdampak gempa bumi, 13 Februari 2021. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - JR East mengungkapkan memakan waktu sekitar 10 hari untuk melanjutkan pengoperasian semua jalur shinkansen, meskipun telah dipastikan bahwa viaduk dan tiang utilitas Tohoku Shinkansen rusak parah akibat gempa bumi 13 Februari 2021 di Fukushima.

"Guncangan hebat dengan intensitas seismik 6 atau lebih tinggi di Fukushima dan Miyagi ternyata merusak infrastruktur jalur Shinkansen di sana," papar sumber Tribunnews.com di JR East, Senin (15/2/2021).

Akibatnya, jalur Tohoku-Hokkaido telah ditangguhkan dari operasi di jalur atas dan bawah antara Stasiun Nasushiobara dan Stasiun Morioka karena kerusakan pada beberapa fasilitas dipastikan akibat gempa bumi.

Baca juga: 155 Korban Luka Akibat Gempa Bumi di Jepang, 250 Orang Diungsikan, Pasokan Air Bersih Terhenti

Baca juga: Fukushima Jepang Diguncang Gempa, Apa Dampaknya terhadap Kualitas Vaksin Pfizer yang Tiba Hari Ini?

Awalnya, JR East telah memutuskan untuk menghentikan operasi hingga tanggal 15 Februari 2021.

Tetapi karena dipastikan bahwa viaduk dan tiang listrik rusak parah, ternyata memakan waktu sekitar 10 hari untuk melanjutkan pengoperasian semua jalur.

Dalam inspeksi sejauh ini, antara Stasiun Shin-Shirakawa di Prefektur Fukushima dan Stasiun Furukawa di Prefektur Miyagi, beberapa viaduk dan pangkalan rel telah rusak, dan setidaknya 20 tiang listrik rusak atau miring.

Akibat penghentian operasi ini, Jalur Tohoku-Hokkaido beroperasi antara Tokyo dan Nasushiobara dengan jadwal sementara sekitar satu kereta per jam.

Selain itu, beberapa kereta ditangguhkan antara Stasiun Morioka dan Stasiun Shin-Hakodate Hokuto di Shinkansen Hokkaido.

Atap rumah di Kori Fukushima ambruk ke jalan raya menghalangi kendaraan lalu lintas.
Atap rumah di Kori Fukushima ambruk ke jalan raya menghalangi kendaraan lalu lintas. (Foto Kyodo)

JR East akan mengoperasikan kereta khusus di Jalur Joban, menambah jumlah bus, dan meminta perusahaan penerbangan untuk bekerja sama guna mengamankan lalu lintas ke Sendai dan daerah lain.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved