Breaking News:

Impeachment Donald Trump

Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS

Nancy Pelosi pada Senin (15/2/2021) mengatakan Kongres akan membentuk komite independen untuk menyelidiki kerusuhan mematikan di Capitol AS.

CHIP SOMODEVILLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP
Foto Ketua DPR Nancy Pelos. Terbaru, Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada Senin (15/2/2021) mengatakan Kongres akan membentuk komite independen untuk menyelidiki kerusuhan mematikan di Capitol AS pada Rabu (6/1/2021).

Pelosi menyatakan, komite tersebut akan menyelidiki dan melaporkan fakta serta penyebab kerusuhan 6 Januari 2021 terkait gangguan pada transfer kekuasaan secara damai dari pemerintah Donald Trump ke Joe Biden.

Mengutip AP News, dalam sebuah surat kepada rekan-rekan Demokrat, Pelosi mengatakan bahwa DPR akan menyusun pengeluaran tambahan untuk meningkatkan keamanan di Capitol AS.

Setelah Trump dibebaskan dari sidang pemakzulan Senat untuk kali kedua, dukungan bipartisan tampaknya memihak komite independen untuk menyelidiki kerusuhan mematikan Capitol AS.

Baca juga: Donald Trump Bebas dari Pemakzulan, Ini Reaksi dari Berbagai Pihak dan Apa yang Terjadi Selanjutnya

Baca juga: Trump Kembali Lolos dari Pemakzulan, Biden: Bagian Menyedihkan dalam Sejarah Kita

Ketua DPR Nancy Pelosi (D-CA).
Ketua DPR Nancy Pelosi (D-CA). Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS. (Tasos Katopodis / POOL / AFP)

"Jelas dari temuan dan dari persidangan pemakzulan, kita harus mengetahui kebenaran tentang bagaimana ini terjadi," kata Pelosi pada Senin (15/2/2021) dalam suratnya.

Senada dengan keputusan Pelosi, Senator Lousinana Bill Cassidy turut sependapat harus ada penyelidikan secara rinci terkait kerusuhan Capitol AS.

Bill Cassidy merupakan satu dari tujuh anggota Partai Republik yang memilih untuk menghukum Trump.

Cassidy mengatakan, dia "berusaha meminta pertanggungjawaban Presiden Trump".

Dia dikecam oleh partai negaranya setelah pemungutan suara.

Baca juga: Pendukung Trump yang Masuk Ruang Kerja Nancy Pelosi dan Bawa Mimbar Saat Ricuh di Capitol Ditangkap

Donald Trump tersenyum saat sesi pleno KTT NATO di hotel Grove di Watford, timur laut London pada 4 Desember 2019. Terbaru, Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS
Donald Trump tersenyum saat sesi pleno KTT NATO di hotel Grove di Watford, timur laut London pada 4 Desember 2019. Terbaru, Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS (Adrian DENNIS / AFP)

Trump Bebas dari Pemakzulan

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved