Breaking News:

Penanganan Covid

Israel Blokir Pengiriman Vaksin Sputnik V Rusia ke Jalur Gaza

Israel menghentikan pengiriman 1.000 dosis vaksin virus corona Sputnik V Rusia, yang ditujukan untuk para pekerja medis garis depan di Jalur Gaza.

Kirill KUDRYAVTSEV / AFP
Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V (Gam-COVID-Vac) untuk melawan COVID-19 di sebuah klinik di Moskow pada 5 Desember 2020. Terbaru, Israel Blokir Pengiriman Vaksin Sputnik V Rusia ke Jalur Gaza 

TRIBUNNEWS.COM - Israel menghentikan pengiriman 1.000 dosis vaksin virus corona Sputnik V Rusia, yang ditujukan bagi para pekerja medis garis depan di Jalur Gaza.

Menteri Kesehatan Palestina, Mai Alkaila angkat bicara dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Senin (15/2/2021).

Alkaila menyebut, Israel memikul tanggung jawab penuh terkait pemblokiran pengiriman vaksin virus corona yang diperoleh oleh Otoritas Palestina (PA), yang mengontrol bagian Tepi Barat yang diduduki Israel.

Mengutip Al Jazeera, PA menerangkan, akan membagi pasokan vaksin virus coronanya dengan Gaza di mana Hamas telah berkuasa sejak perebutan kekuasaan pada 2017 lalu.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sputnik V Sukses, Menteri Urusan Ekonomi Jerman Ucapkan Selamat Kepada Rusia

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Dimulai, Berikut Sasaran, Mekanisme Pendaftaran, hingga Tempat Vaksin

Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V (Gam-COVID-Vac) untuk melawan COVID-19 di sebuah klinik di Moskow pada 5 Desember 2020. Terbaru, Israel Blokir Pengiriman Vaksin Sputnik V Rusia ke Jalur Gaza
Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V (Gam-COVID-Vac) untuk melawan COVID-19 di sebuah klinik di Moskow pada 5 Desember 2020. Terbaru, Israel Blokir Pengiriman Vaksin Sputnik V Rusia ke Jalur Gaza (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Wilayah yang merupakan rumah bagi lebih dari 2 juta warga Palestina itu diketahui belum menerima vaksin apa pun.

Pihak berwenang di sana telah melaporkan lebih dari 53.000 infeksi dan setidaknya 537 kematian sejak dimulainya pandemi.

PA telah memperoleh sekira 2.000 dosis vaksin Sputnik V.

Sementara itu, Israel telah menghadapi seruan internasional untuk membagi stoknya dengan warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat dan Gaza.

Baca juga: Palestina Tuduh Israel Halangi Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza

Baca juga: Jet Tempur Israel Kembali Targetkan Jalur Gaza, Tak Ada Laporan Korban

Tunggu Keputusan Politik

COGAT, Badan Militer Israel yang menjalankan urusan sipil di wilayah Palestina yang diduduki mengatakan, PA telah meminta untuk mentransfer 1.000 dosis vaksin ke Gaza tetapi permintaan itu "menunggu keputusan politik".

Halaman
123
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved