Breaking News:

AS Tangkap Istri Bos Kartel Meksiko El Chapo Atas Tuduhan Perdagangan Narkoba

Istri bos kartel narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman ditangkap dan didakwa di Amerika Serikat pada Senin (22/2/2021).

ISTIMEWA
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Istri bos kartel narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman ditangkap dan didakwa di Amerika Serikat pada Senin (22/2/2021) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (23/2/2021), Emma Coronel Aispuro, 31 tahun didakwa membantu suaminya terus menjalankan kartel perdagangan narkobanya saat dia berada di balik jeruji besi.

Coronel ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia utara, Senin (22/2/2021) waktu setempat.

Baca juga: Cantik Tapi Mematikan, Wanita Petarung dari Meksiko Ini Dianggap Petinju Terefektif di Ajang MMA

Departemen Kehakiman AS mendakwa Coronel berkonspirasi mendistribusikan heroin, kokain, ganja dan methamphetamines untuk diimpor secara ilegal ke Amerika Serikat.

Dia diperkirakan akan muncul di pengadilan federal di Washington pada  Selasa (23/2/2021) waktu setempat.

Surat pernyataan yang melekat pada dakwaan juga merinci dugaan keterlibatan Coronel dalam pelarian suaminya dari penjara Meksiko pada 2015 lalu, dan percobaan kedua pembobolan penjara pada 2016 sebelum pria berusia 63 tahun itu diekstradisi ke Amerika Serikat.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador Menolak Pakai Masker

Seorang pengacara untuk Coronel tidak dapat masih belum diidentifikasi, dan pengacara di Meksiko yang terkait dengan keluarga Guzman tidak menanggapi permintaan komentar tentang hal ini.

Seorang pejabat Meksiko yang akrab dengan situasi itu, yang meminta untuk tidak disebutkan identitasnya mengatakan penangkapan Coronel tampaknya semata-mata merupakan inisiatif AS dan  Coronel tidak diinginkan di Meksiko.

Penyelidikan terhadap Coronel ditangani oleh Biro Investigasi Federal (FBI).

Tuduhan itu berkaitan dengan dugaan aktivitas perdagangan manusia antara 2014-2107 sebelum persidangan Guzman yang dihukum atas pelanggaran perdagangan narkoba. 

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved