Breaking News:

Krisis Myanmar

Menlu Junta Militer Myanmar Lakukan Pembicaraan dengan Thailand dan Indonesia

Menteri Luar Negeri Wunna Maung Lwin mengadakan pembicaraan dengan Thailand dan Indonesia.

YE AUNG THU / AFP
Para pengunjuk rasa berkumpul di sebelah kendaraan militer yang diparkir di sepanjang jalan di pusat kota Yangon pada 15 Februari 2021, pagi hari setelah militer Myanmar memutus internet negara dan mengerahkan pasukan tambahan di seluruh negeri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK—Menteri Luar Negeri junta militer Myanmar mengunjungi Thailand pada Rabu (24/2/2021)  di tengah kekuatan regional mencoba untuk menjadi perantara berakhirnya tiga minggu kerusuhan mematikan yang dipicu oleh kudeta militer.

Menteri Luar Negeri Wunna Maung Lwin mengadakan pembicaraan dengan Thailand dan Indonesia.

Ini adalah pertemuan tatap muka pertama yang diketahui berlangsung antara anggota junta militer senior dan pemerintah asing.

Baca juga: Batal ke Naypyidaw, Retno Marsudi Bertemu Dengan Menlu Myanmar di Bangkok

Militer Myanmar kini menghadapi badai kecaman internasional karena menggulingkan pemerintahan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu. Sementara aksi protes nasional berhari-hari terus terjadi.

Pertemuan itu berlangsung setelah Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi tidak akan segera mengunjungi negara yang dilanda kudeta.

Sebaliknya, juru bicara kementerian luar negeri Thailand Tanee Sanrat mengkonfirmasi dalam pesan teks kepada wartawan bahwa Menlu Marsudi - yang mengunjungi Bangkok - bertemu dengan Wunna Maung Lwin di Thailand, pada hari yang sama dia mengadakan pertemuan dengan Menlu “Negeri Gajah Putih‘’ Don Pramudwinai.

"Kami tidak merencanakannya tetapi ya benar (ada pertemuan)," tulis Tanee menanggapi pertanyaan wartawan yang menanyakan tentang pertemuan antara ketiga menteri.

Sumber pemerintah lain mengatakan ada "pertemuan tripartit antara Menteri Indonesia, Thailand dan Myanmar, yang diinisiasi oleh Thailand".

Baca juga: Pemimpin Militer Myanmar Desak Hidupkan Kembali Ekonomi saat Tekanan Barat Meningkat

Menteri Luar Negeri Junta Militer Myanmar ke Thailand untuk Bahas Penyelesaian Krisis

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved