Breaking News:

Virus Corona

Juli 2021 Pertumbuhan Kasus Covid-19 di Tokyo Bisa Melebihi 1.200 Orang Per Hari

Orang yang baru terinfeksi akan tertular pada bulan Juli, mencapai puncaknya dengan lebih dari 350 orang sehari.

Foto Universitas Tokyo
Associate Professor Taisuke Nakata, doktor kebijakan makro ekonomi moneter. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sekelompok ekonom di Universitas Tokyo melakukan simulasi ketika keadaan darurat Covid-19 dicabut dan infeksi kembali karena relaksasi.

Juli mendatang pertumbuhan kasus Covid-19 di Tokyo bisa melebihi 1.200 orang per hari.

"Kami telah mengumumkan hasil kalkulasi bahwa sehari akan melebihi 1.200 orang lagi," ungkap sekelompok ekonom yaitu Associate Professor Universitas Tokyo, Taisuke Nakata dan Dosen Khusus Daisuke Fujii dari University of Tokyo Graduate School of Economics, Kamis (4/3/2021).

Berdasarkan data hingga 28 Februari, kelompok tersebut menggabungkan model matematika yang memprediksi penyebaran infeksi dan model prediksi ekonomi, dan terinfeksi virus corona setelah keadaan darurat dicabut di satu wilayah metropolitan dan tiga prefektur.

"Kami menganalisis situasi dan dampaknya terhadap perekonomian. Di antaranya, terkait Tokyo, dua minggu kemudian, pada minggu ketiga Maret, ketika jumlah orang yang baru terinfeksi turun di bawah 150 per hari, pencabutan dilakukan dan diasumsikan vaksinasi berjalan lancar."

Baca juga: Seleksi Penerimaan Pegawai Ketat, Tak Mungkin Yakuza Bekerja di Pembangkit Reaktor Fukushima Jepang

Baca juga: Jepang Fokus Kepada Mutan Corona Baru yang Berbahaya

"Ternyata meningkat lagi karena kembalinya penyakit, dan melebihi 500 orang sehari di bulan Juli. Kemudian setelah itu, infeksi mulai berkumpul, dan jumlah kematian di tahun berikutnya terhitung menjadi 2.147 orang," katanya.

Namun, jika infeksi semakin cepat lagi karena adanya pesta perpisahan atau pesta melihat bunga sakura diadakan setelah deklarasi dicabut, jumlah reproduksi efektif, yang menunjukkan berapa banyak orang yang akan terinfeksi oleh satu orang, akan meningkat 1,25 kali lipat.

"Pada bulan Juli, jumlah orang yang baru terinfeksi virus corona di Tokyo melebihi 1.200 orang per hari, dan jumlah kematian per tahun adalah 3.083."

Di sisi lain, dengan asumsi bahwa kegiatan ekonomi seperti bisnis restoran dan perjalanan tidak akan dilanjutkan segera setelah pencabutan deklarasi, tetapi akan kembali ke tingkat musim gugur yang lalu selama dua bulan.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved