Breaking News:

Benarkah Gaji Ketua Olimpiade Jepang Sebesar Rp 5,2 Miliar Setahun Bakal Hilang?

Belum ada yang menyarankan atau meminta Hashimoto untuk mengundurkan diri sebagai anggota parlemen hingga saat ini.

Foto Richard Susilo
Ketua Komite Penyelenggara Olimpiade yang baru Seiko Hashimoto 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Gaji Ketua Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto (56) sebagai anggota parlemen Jepang (Diet) sebesar 40 juta yen atau sekitar Rp 5,2 miliar setahun kemungkinan akan hilang.

"Masalahnya adalah status Hashimoto. Pada saat pengunduran diri sebagai menteri Olimpiade, dia mengindikasikan bahwa dia akan terus menjadi anggota Dewan Partai Demokrat Liberal (LDP). Belakangan melepaskan keanggotaan dari LDP karena takut bentrok dengan aturan yang ada di komite olimpiade internasional (IOC) yang tak memperbolehkan sebagai anggota partai politik," papar sumber Tribunnews.com, Senin (8/3/2021).

Namun Hashimoto juga tetap sebagai anggota parlemen (Diet) Jepang dengan gaji sekitar 40 juta yen setahun.

Di LDP Hashimoto tak dapat gaji. Sedangkan sebagai Ketua Olimpiade Jepang, dulu mantan Ketua Yoshiro Mori tidak mendapatkan gaji karena dia sendiri yang menyatakan tidak akan menerima gaji sebagai Ketua Komite Olimpiade.

"Kini Hashimoto sebagai Ketua Olimpiade akan menghadapi masalah pengunduran diri sebagai anggota Diet di bawah Undang-Undang Pemilihan Kantor Publik Jepang karena meninggalkan partai LDP," tambahnya.

Baca juga: Inilah 12 Direktur Baru Wanita di Kepanitiaan Olimpiade Jepang

Baca juga: Sekretaris Kabinet Jepang: Tidak Relevan Relay Olimpiade Dengan Perpanjangan Deklarasi Darurat

"Hashimoto jelas tengah pusing karena terancam kehilangan gajinya sebagai anggota Diet," tambahnya.

Piagam Olimpiade, yang menganjurkan "netral dari politik," sebagai penyelenggara Olimpiade yang bertujuan untuk menyelenggarakan Olimpiade.

Belum ada yang menyarankan atau meminta Hashimoto untuk mengundurkan diri sebagai anggota parlemen hingga saat ini.

"Kalau pun ada yang mengeluarkan pendapat mempertanyakan kedudukan Hashimoto sebagai anggota parlemen, pasti Hashimoto akan menjadi tanpa nafkah tanpa penghasilan nantinya," kata dia.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved