Breaking News:

Kicauan Pertama Pendiri Twitter Jack Dorsey Terjual Rp 41 Miliar Lewat NFT, Apa Itu?

NFT adalah aset kripto yang tercantum dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan mata uang kripto

Justin TALLIS / AFP
Jack Dorsey. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO Twitter Jack Dorsey telah menjual tweet pertamanya sebagai Non-fungible Token (NFT) dengan angka 2.915.835,47 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 41 miliar.

Penawar yang menang adalah Sina Estavi, yang telah memegang tawaran tertinggi sejak menawarkan 2,5 juta dolar AS. Ia menaikkan tawarannya ke angka ini di saat-saat terakhir jelang penutupan.

Estavi pun mendapatkan sertifikat kepemilikan digital atau biasa disebut non-fungible token (NFT) atas twit Dorsey tersebut, lengkap dengan tanda tangan sang CEO Twitter itu.

Baca juga: Gara-gara Berceeloteh Soal Keberadaan Alien, Akun Twitter Elon Musk Diserbu Netizen

NFT adalah aset kripto yang tercantum dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan mata uang kripto Ethereum dan Bitcoin seperti dikutip Reuters.

Estavi bersyukur telah membeli twit pertama Dorsey yang berbunyi "just setting up my twttr" tersebut. Seluruh hasil penjualan twit Dorsey disumbangkan Setelah dipotong 5 persen untuk Cent selaku pemilik platform Valuables Dorsey mendapat 95 persen hasil penjualan twit itu.

Lantas, sebenarnya apa itu NFT?

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan, teknologi NFT adalah merupakan bagian dari teknologi blockchain.

NFT adalah sebuah duplikasi resmi yang menyerupai sebuah aset yang asli, sehingga karya-karya seni atau karya teknologi dapat diedarkan dan dijual secara resmi.

“Namun, barang aslinya hanya satu saja dan disimpan oleh si pencipta,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/3/2021).

Kemudian pelelangan dilakukan secara terbuka dan karyanya akan ditukarkan atau dibeli dengan aset kripto (cryptocurrency).

Baca juga: Gara-gara Nggak Bisa Main Twitter dan Facebook Lagi, Donald Trump Bikin Aplikasi Medsos Sendiri

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved