Breaking News:

China Protes Keras Hubungan Jepang - Indonesia Semakin Mesra

China menuduh Jepang 'menyebarkan perselisihan' terkait kegiatan maritim Beijing.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pernyataan bersama setelah penandatanganan kerja sama transfer teknologi peralatan militer Jepang ke Indonesia. Dari kiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menlu Retno Marsudi dan kanan adalah Menlu Toshimitsu Motegi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kemesraan antara Indonesia dan Jepang baik di bidang Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Pertahanan dengan pertemuan dan kesepakatan bersama kedua negara 30 Maret 2021 membuat China melancarkan protes keras.

"Kami menyatakan keprihatinan sangat serius tentang serangkaian tindakan negatif baru-baru ini dilakukan Jepang terhadap China," kata Hua Chunying, juru bicara Kemenlu China, Kamis (1/4/2021) disiarkan TV TBS.

China menuduh Jepang 'menyebarkan perselisihan' terkait kegiatan maritim Beijing.

Kecaman China itu menyusul adanya dialog two-plus-two antara kepala diplomatik pertahanan Jepang dan Indonesia yang disaksikan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang.

Kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Pemerintah Jepang di Tokyo, Selasa (30/3/2021).
Kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Pemerintah Jepang di Tokyo, Selasa (30/3/2021). (dok. Kemenhan)

Pertemuan 2+2 berjalan sukses antara menteri Jepang dan Indonesia. Bahkan Kedua menteri Indonesia diterima khusus oleh PM Jepang Yoshihide Suga tanggal 30 Maret jam 10.40 di kediaman resmi PM Jepang.

Pengalaman Tribunnews.com selama ini sebuah hal langka Menteri Indonesia diterima resmi di tempat PM Jepang. Umumnya hanyalah kepala pemerintahan saja.

Kesepakatan perjanjian tertulis transfer teknologi pertahanan pertama kali terjadi dilakukan Jepang kepada Indonesia yang ditandatangani bersama 30 Maret lalu di Tokyo antara Menhan Prabowo Subianto dan Menlu Retno Marsudi dengan Menhan Jepang dan Menlu Jepang.

Baca juga: PM Jepang Yoshihide Suga akan Bertemu Biden di Washington 16 April 2021

Baca juga: PM Jepang Minta Mendagri Bentuk Tim Penyelidik Pihak Ketiga terkait Jamuan Makan Malam Putranya

"Biarkan saja China begitu. Itu kan hak dia. Yang penting hubungan Indonesia-Jepang semakin mesra saat ini dan itu sangat menguntungkan bagi kita semua terutama dengan ASEAN juga yang semakin dekat dengan Jepang," kata seorang pejabat pemerintah Jepang kepada Tribunnews.com, Jumat (2/4/2021),

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja asli di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved