Breaking News:

Krisis Myanmar

KTT di Jakarta untuk Membahas Krisis Myanmar akan Jadi Ujian Bagi Kredibilitas ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN besok di Jakarta untuk membahas krisis di Myanmar akan menjadi ujian bagi persatuan dan kredibilitas ASEAN.

AFP/Handout
Unjuk rasa antikudeta militer Myanmar - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN besok di Jakarta untuk membahas krisis di Myanmar akan menjadi ujian bagi persatuan dan kredibilitas ASEAN. 

TRIBUNNEWS.COM - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada Sabtu (24/4/2021) di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, pemimpin atau perwakilan negara anggota ASEAN akan membahas mengenai krisis yang terjadi di Myanmar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Tanee Sangrat mengatakan, ASEAN menyadari bagaimana harapan internasional untuk hasil konkret dari pertemuan besok.

KTT kali ini sekaligus akan menjadi ujian bagi persatuan dan kredibilitas ASEAN.

"Sekarang tergantung pada anggota keluarga ASEAN termasuk Myanmar untuk menjaga persatuan dan kredibilitas ASEAN," kata Tanee, dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membahas krisis Myanmar melalui sambungan telepon.

Dalam percakapan tersebut, Prayut mengakui bahwa situasi di Myanmar merupakan masalah yang menantang bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Baca juga: Menlu Filipina Teodoro Locsin Jr Wakili Presiden Duterte di KTT ASEAN Jakarta

Namun, Prayut mengabarkan, dia tak dapat menghadiri KTT ASEAN karena harus tinggal di rumah untuk menghadapi situasi virus corona yang melanda Thailand.

Sebagai gantinya, Prayut akan mengirim Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai.

Sementara itu, Ketua Dewan Pemerintah Sementara (SAC) Myanmar Min Aung Hlaing, dikabarkan akan menghadiri KTT ASEAN.

Halaman
12
Penulis: Rica Agustina
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved