Breaking News:

Krisis Myanmar

Wartawan AS Ditahan di Myanmar saat Mencoba Naik Pesawat untuk Pulang

Wartawan asal Amerika ditahan oleh pihak berwenang di Yangon, Senin (31/5/2021), ketika berusaha untuk naik pesawat dan keluar dari negara tersebut.

Foto AP, Channel News Asia
Pengunjuk rasa anti-kudeta memberikan hormat tiga jari selama demonstrasi di Yangon, Myanmar, Jumat, 14 Mei 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Editor berita yang berbasis di Myanmar asal Amerika ditahan oleh pihak berwenang di Yangon, Senin (31/5/2021), ketika berusaha untuk naik pesawat dan keluar dari negara yang dilanda kudeta itu.

"Warga negara Amerika Serikat dan redaktur pelaksana Frontier Myanmar, Danny Fenster ditahan di Bandara Internasional Yangon," kata outlet itu dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya yang terverifikasi.

Melansir France24, Departemen Luar Negeri AS mengatakan "mengetahui laporan" penangkapan itu.

"Kami menganggap serius tanggung jawab kami untuk membantu warga AS di luar negeri, dan sedang memantau situasinya," kata seorang juru bicara, sambil menolak memberikan rincian lebih lanjut karena alasan privasi.

Myanmar gempar sejak militer merebut kekuasaan dalam kudeta 1 Februari, dengan protes hampir setiap hari dan gerakan pembangkangan sipil nasional.

Lebih dari 800 orang telah dibunuh oleh militer, menurut kelompok pemantau lokal.

Pers terjebak dalam tindakan keras ketika junta mencoba memperketat kontrol atas arus informasi, membatasi akses internet dan mencabut izin media lokal.

"Kami tidak tahu mengapa Danny ditahan dan belum bisa menghubunginya sejak pagi ini. Kami prihatin atas kesejahteraannya dan menyerukan pembebasannya segera," kata Frontier dalam tweet.

"Prioritas kami saat ini adalah memastikan dia aman dan memberinya bantuan apa pun yang dia butuhkan."

Pemimpin Redaksi Frontier Thomas Kean kepada AFP membeberkan, Fenster (37) telah bekerja untuk majalah tersebut selama sekitar satu tahun dan sedang dalam perjalanan pulang untuk menemui keluarganya.

Halaman
123
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved