Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Ketatnya Peraturan Bagi Media Asing yang Meliput Olimpiade Jepang di Tengah Pandemi Covid-19

Awalnya 350 lokasi hotel lalu untuk memudahkan kontrol panitia dipersempit hanya kepada 150 hotel yang ditetapkan Panitia.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Gedung Olahraga Nasional Jepang Tempat pembukaan Olimpiade Tokyo 23 Juli 2021. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Awak media asing yang datang ke Jepang untuk liputan Olimpiade tidak diperbolehkan makan di luar. Semua aturan akan dituliskan di dalam PlayBook Olimpiade edisi ketiga yang akan terbit minggu depan.

"Media asing yang datang ke Jepang liputan Olimpiade harus mengikuti semua petunjuk panitia serta ikut semua aturan yang ada termasuk PlayBook Olimpiade sampai dengan edisi ketiga yang akan diterbitkan minggu depan," papar Seiko Hashimoto, Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade, Jumat (11/6/2021).

Para awak kuli tinta akan ditempatkan pada 150 hotel atau penginapan yang telah disetujui dan ditunjuk oleh Panitia. Dilarang menggunakan hotel lain selain yang telah ditetapkan Panitia.

Awalnya 350 lokasi hotel lalu untuk memudahkan kontrol panitia dipersempit hanya kepada 150 hotel yang ditetapkan Panitia untuk para media asing yang datang ke Jepang.

Sekitar 78.000 orang jurnalis asing akan datang ke Jepang meliput Olimpiade.

Perilaku dan gerakan mereka akan dikontrol lewat GPS, harus instal aplikasi yang telah ditentukan panitia sekaligus untuk laporan dan kontrol tes PCR yang harus dilakukan setiap hari selama 14 hari pertama setelah tiba di Jepang.

HP yang telah terinstal aplikasi yang diharuskan itu harus selalu dibawa bersama orang yang bersangkutan.

Namun jika memiliki dua ponsel (HP) di mana yang satu ditinggal di hotel dan satu lagi tak di instal aplikasi, akan lolos dari kontrol panitia.

"Itulah yang sedang kami pikirkan bagaimana antisipasinya," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (11/6/2021).

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved