Breaking News:

Virus Corona

Tindakan Prioritas di Jepang Kemungkinan Diperpanjang Selama Satu Bulan

Skenario perpanjangan Tindakan Prioritas selama satu bulan menjadi kemungkinan besar terjadi terutama di Tokyo dan sekitarnya.

Richard Susilo
Stadion Nasional (Daerah Shinjuku) tempat upacara pembukaan Olimpiade biasa disebut Kokuritsu Kyogijo. Orang mulai banyak berdatangan memotret mumpung belum ketat penjagaan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah kasus baru Covid-19 di Tokyo pada Sabtu (3/7/2021) mencapai 716 orang. Jumlah ini melampaui hari yang sama pada minggu sebelumnya selama 14 hari berturut-turut.

Kecenderungan kuat tingkat penyebaran Covid-19 meningkat terus di Tokyo dan sekitarnya.

Skenario perpanjangan Tindakan Prioritas selama satu bulan menjadi kemungkinan besar terjadi terutama di Tokyo dan sekitarnya.

"Jumlah kasus baru telah mencapai tingkat "tahap 4" yang paling serius. Jumlah orang yang terinfeksi juga meningkat di Saitama dan daerah lainnya. Tingkat penggunaan tempat tidur pada tanggal 1 Juli adalah 30% di Chiba, 25% di Tokyo, dan 23% di Kanagawa, yang merupakan level "Tahap 3" (20% atau lebih)," ungkap sumber Tribunnews.com, Minggu (4/7/2021).

Kecuali Prefektur Okinawa--yang telah mengeluarkan keadaan darurat (PSBB) dan akan berakhir 11 Juli 2021-- diperkirakan akan beralih ke tindakan prioritas (satu level di bawah PSBB) pada hari ke-11 nanti dari tenggat waktu dan melanjutkan ke tindakan prioritas karena perbaikan situasi infeksi tidak mencukupi.

"Sangat mungkin bahwa langkah-langkah prioritas dari 6 prefektur seperti Osaka dan Fukuoka, di mana infeksi telah mereda, akan dicabut pada tanggal 11 Juli mendatang," kata sumber itu.

Baca juga: Penumpang Shinkansen Jepang Tidur di Dalam Kereta Sambil Menunggu Banjir Surut

Setelah perpanjangan tindakan prioritas, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memperkuat langkah-langkah makanan dan minuman dan menangguhkan penyediaan alkohol oleh restoran.

Saat ini, di wilayah sasaran tindakan prioritas, ketentuan diizinkan sampai dengan pukul 19.00 waktu Jepang.

Jika pemerintah memutuskan untuk memperpanjangnya satu bulan, langkah-langkah prioritas akan berlanjut di seluruh lokasi Olimpiade Tokyo, yang akan dimulai pada tanggal 23 Juli dan berakhir pada tanggal 8 Agustus.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved