Breaking News:

Sensei Yoshimi Ishizuka Ingin Menyebarkan Seni Bela Diri Jepang Kuno ke Indonesia

Daito-ryu Aikijujutsu dapat dikatakan sebagai seni bela diri kuno yang paling menarik perhatian di Jepang dan luar negeri.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Sensei Yoshimi Ishizuka sedang mengajarkan artis muda terkenal Jepang Mikako Yoshida bidang Jiujutsu di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sensei Yoshimi Ishizuka yang memimpin Daito-ryu Aiki Jiu-jitsu, seni bela diri Jepang kuno, berniat ingin mengembangkannya ke Indonesia.

"Saya dengan Indonesia sangat tertarik kepada cabang olahraga bela diri," papar sensei Ishizuka kepada Tribunnews.com minggu lalu.

Di tengah kesibukan mengajarkan artis cantik Jepang yang sedang naik daun, Mikako Yoshida, sensei Ishizuka memperlihatkan kehebatannya dalam bela diri Jiu-jitsu dalam melatih Yoshida.

Termasuk menggunakan pedang dalam latihan yang sudah berlangsung 3 tahun kepada Yoshida.

"Ini pertama kali ya kita latihan pakai pedang," papar sensei kepada Yoshida saat itu.

Daito-ryu Aiki Jiu-jutsu adalah seni bela diri Jepang kuno yang menangkap, melempar, mengalahkan, dan menahan musuh dengan tangan kosong.

Bela diri ini telah lama dianggap sebagai rahasia, tetapi dari era Meiji hingga era Showa, seorang seniman bela diri bernama Takeda Sokaku dari Aizu (Prefektur Fukushima saat ini) melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk menyebarkan teknik gaya Daito.

Sensei Yoshimi Ishizuka sedang mengajarkan artis muda terkenal Jepang Mikako Yoshida bidang Jiujutsu di Tokyo.
Sensei Yoshimi Ishizuka sedang mengajarkan artis muda terkenal Jepang Mikako Yoshida bidang Jiujutsu di Tokyo. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Morihei Ueshiba, pendiri Aikido, juga mempraktikkan gaya Daito di bawah Takeda Sokaku.

Daito-ryu Aikijujutsu dapat dikatakan sebagai seni bela diri kuno yang paling menarik perhatian di Jepang dan luar negeri dalam beberapa tahun terakhir sebagai sumber Aikido.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved