Breaking News:

Apa Itu Virus Mematikan Marburg yang Terdeteksi di Guinea? Berikut Asal, Penularan hingga Gejalanya

Apa itu virus mematikan Marburg yang terdeteksi di Guinea, Afrika Barat? Berikut asal, penularan, gejala hingga fakta-faktanya.

Twitter/Mellanie Fontes-Dutra, PhD
Apa itu virus mematikan Marburg yang terdeteksi di Guinea, Afrika Barat? Berikut asal, penularan, gejala hingga fakta-faktanya. 

TRIBUNNEWS.COM - Kasus pertama virus Marburg, yang sangat menular seperti virus Corona (Covid-19), terdeteksi di Guinea, sebuah negara di Afrika Barat.

Diketahui, penyebab virus Marburg masih dalam satu keluarga dengan virus yang menyebabkan Ebola.

Dikutip dari One India, virus Marburg telah menyebabkan satu orang meninggal di prefektur Gueckedou selatan pada 2 Agustus 2021.

Virus yang ditularkan melalui kelelawar ini memiliki tingkat kematian hingga 88 persen.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus Marburg biasanya dikaitkan dengan paparan gua atau tambang yang menampung koloni kelelawar Rousettus.

Baca juga: Guinea Konfirmasi Kasus Pertama Virus Marburg di Afrika Barat, 1 Orang Meninggal

Setelah ditangkap oleh manusia, virus menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, atau dengan permukaan dan bahan yang terkontaminasi.

Selengkapnya, berikut asal, penularan, gejala, hingga fakta-fakta mengenai virus Marburg:

Asal virus Marburg

Virus Marburg pertama kali terdeteksi pada 1967 setelah wabah simultan di Marburg dan Frankfurt di Jerman, dan di Beograd, Serbia.

Dua wabah besar yang terjadi secara bersamaan di Marburg dan Frankfurt di Jerman, dan di Beograd, Serbia, pada 1967, menyebabkan pengenalan awal penyakit tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Rica Agustina
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved