Breaking News:

Virus Corona

Selandia Baru Lockdown setelah Muncul 1 Kasus Baru, PM Ardern: Jadi Kesempatan Hentikan Varian Delta

Selandia Baru langsung Lockdon satu negara setelah muncul 1 kasus Covid-19 dalam enam bulan terakhir.

Penulis: Inza Maliana
Marty MELVILLE / AFP
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berbicara selama konferensi pers tentang pembatasan virus corona Covid-19, di Wellington pada 5 Maret 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Selandia Baru akan melakukan lockdown nasional setelah satu kasus Covid-19 ditemukan dalam enam bulan terakhir.

Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern mengatakan, lockdown yang akan dimulai pada Selasa (17/8/2021) malam ini menjadi satu-satunya kesempatan bagi Selandia Baru untuk menghentikan penyebaran varian Delta.

Dikutip dari The Guardian, seluruh wilayah di Selandia Baru akan berada pada level 4 (level tertinggi) selama tiga hari.

Sementara, wilayah temuan kasus baru, yakni Auckland dan area sekitarnya, akan berada pada tingkat yang sama selama empat hingga tujuh hari.

Sebelumnya, Selandia Baru tidak pernah mengalami lockdown hingga mencapai level 4 dalam lebih dari setahun.

Meski belum terbukti, munculnya kasus baru ini diyakini sebagai transmisi Delta pertama.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berbicara selama konferensi pers tentang pembatasan virus corona Covid-19, di Wellington pada 5 Maret 2021.
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berbicara selama konferensi pers tentang pembatasan virus corona Covid-19, di Wellington pada 5 Maret 2021. (Marty MELVILLE / AFP)

"Delta telah disebut sebagai 'game changer', dan memang demikian. Artinya, kita harus kembali bekerja keras dan lebih awal untuk menghentikan penyebarannya."

"Kami telah melihat apa yang bisa terjadi di tempat lain jika kami gagal untuk mengatasinya. Kami hanya mendapat satu kesempatan," kata Jacinda Ardern.

Selama lockdown, semua warga Selandia Baru diminta untuk berlindung tinggal di rumah masing-masing.

Baca juga: Selandia Baru Tutup Perbatasan Hingga Awal 2022

Mereka hanya dapat meninggalkan rumah untuk membeli makanan atau persediaan obat-obatan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved