Breaking News:

Setelah 9 Hari Letusan, Lava Gunung Cumbre Vieja di Spanyol Capai Lautan

Setelah 9 hari letusan, lava gunung berapi Cumbre Vieja di pulau La Palma, Spanyol telah mencapai lautan pada Selasa (28/9/2021).

DESIREE MARTIN / AFP
Aliran lava mendekati rumah-rumah saat Gunung Cumbre Vieja meletus di pulau Canary La Palma pada 19 September 2021 - Aliran lava mencapai lautan, setelah 9 hari letusan gunung Cumbre Vieja. 

TRIBUNNEWS.COM - Lava dari gunung berapi Cumbre Vieja di pulau La Palma, Spanyol telah mencapai lautan pada Selasa (28/9/2021) malam.

Aliran lava hingga ke lautan terjadi sembilan hari setelah lava keluar pertama kali.

Lava gunung Cumbre Vieja mengakibatkan banyak bangunan dan tanaman rusak.

Foto-foto menunjukkan awan besar uap putih mengepul dari daerah Playa Nueva saat lahar menyentuh air.

Itu terjadi di tengah kekhawatiran warga akan ledakan dan munculnya gas beracun.

“Aliran lava telah mencapai laut di Playa Nueva,” kata Institut Vulkanik Kepulauan Canary (Involcan) di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari Aljazeera.

Baca juga: Gunung Berapi di La Palma Spanyol Kembali Erupsi, Penerbangan Dibatalkan hingga Risiko Gas Beracun

Baca juga: Indonesia Perlu Contoh AS dan China untuk Kendalikan Polusi Udara

Layanan darurat Kepulauan Canary mendesak warga tetap berada di luar ruangan dan segera mencari tempat yang aman untuk berlindung.

“Ketika lahar mencapai laut, penyelamatan harus benar-benar diperhatikan,” kata Miguel Angel Morcuende, direktur komite respons Pevolca.

Lava dari Cumbre Vieja telah melahap semua yang dilaluinya, yakni hampir 600 rumah dan jalan sepanjang 21 km (13 mil).

Saat ini, lava telah mengalir seluas 258 hektar.

Gunung berapi yang meletus pada 19 September di pegunungan Cumbre Vieja, memuntahkan gas, abu, dan lava di atas lembah Aridane seperti yang terlihat dari Los Llanos de Aridane di Pulau Canary La Palma, pada 22 September 2021. - Tembok besar Lava cair yang mengalir menuruni lereng pulau La Palma di Spanyol telah menghancurkan 320 bangunan dan lebih dari 154 hektar tanah. Gunung berapi Cumbre Vieja, yang meletus pada 19 September 2021, melintasi punggung bukit di selatan La Palma, salah satu dari tujuh pulau yang membentuk Kepulauan Canary, kepulauan Atlantik Spanyol yang terletak di lepas pantai Maroko. AFP/DESIREE MARTIN
Gunung berapi yang meletus pada 19 September di pegunungan Cumbre Vieja, memuntahkan gas, abu, dan lava di atas lembah Aridane seperti yang terlihat dari Los Llanos de Aridane di Pulau Canary La Palma, pada 22 September 2021. - Tembok besar Lava cair yang mengalir menuruni lereng pulau La Palma di Spanyol telah menghancurkan 320 bangunan dan lebih dari 154 hektar tanah. Gunung berapi Cumbre Vieja, yang meletus pada 19 September 2021, melintasi punggung bukit di selatan La Palma, salah satu dari tujuh pulau yang membentuk Kepulauan Canary, kepulauan Atlantik Spanyol yang terletak di lepas pantai Maroko. AFP/DESIREE MARTIN (AFP/DESIREE MARTIN)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved