Breaking News:

Virus Corona

Indeks Konsumen Jepang Naik 1,4 Poin Menjadi 39,2 Poin, Ekonomi Mulai Membaik

Peningkatan indeks selama 2 bulan berturut-turut, mencerminkan penurunan drastis jumlah kasus baru Covid-19 dan pembatalan keadaan darurat.

Editor: Dewi Agustina
Foto Jiji
Kantor Kabinet Jepang di Chiyodaku. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Survei tren konsumsi Oktober yang dirilis oleh Kantor Kabinet pada tanggal 29 Oktober menyebutkan, indeks konsumen (rumah tangga dengan dua orang atau lebih, disesuaikan secara musiman)--yang menunjukkan kecerahan sentimen konsumen--naik 1,4 poin bulan ke bulan menjadi 39,2.

"Tanda ekonomi mulai membaik di Jepang seiring dengan semakin berkurangnya jumlah pasien Covid-19 belakangan ini," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (30/10/2021).

Sebagai catatan jumlah kasus Covid-19 di Tokyo menurun drastis sejak 13 Agustus mencapai 5.773 orang, dan kemarin hanya tercatat 23 orang saja yang terpapar virus corona.

Di Osaka dari 3.004 kasus pada tanggal 1 September, Sabtu (30/10/2021) kemarin hanya tercatat 49 orang terinfeksi virus corona per hari.

Peningkatan indeks selama 2 bulan berturut-turut, mencerminkan penurunan drastis jumlah kasus baru Covid-19 dan pembatalan keadaan darurat.

Indeks tersebut telah pulih ke level Desember 2019 (39.1) sebelum pandemi corona.

Baca juga: Perayaan Halloween di Tokyo Jepang, 500 Polisi Anti Huru-hara Dikerahkan

Penilaian utama direvisi naik untuk pertama kalinya dalam 4 bulan terakhir yang berarti pemulihan ekonomi Jepang saat ini.

Hal ini menghapus ungkapan bahwa "pergerakan pick up terus berlanjut" walaupun kasus Covid-19 masih tinggi hingga bulan sebelumnya.

Dari empat indikator yang membentuk indeks, "lingkungan kerja" meningkat 4,9 poin dan "cara meningkatkan pendapatan" meningkat 1,0 poin.

Kenaikan indeks konsumen ini juga terasa dalam berbagai supermarket di Jepang, masyarakat mulai banyak berbelanja kembali.

Informasi Jepang dapat diikuti pada grup pecinta Jepang gratis kirimkan email ke: info@tribun.in dengan subject: Pecinta Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved