Breaking News:

Kian Mencengkeram Partai Komunis China, Xi Jinping Siapkan Jabatan Presiden 3 Periode

Xi Jinping kini sedang menyiapkan jabatan presiden untuk periode ketiga dan makin menancapkan pengaruhnya pada pertemuan Partai Komunis minggu ini

Editor: Choirul Arifin
Instagram: @realxijinping
Presiden China Xi Jinping 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Presiden China Xi Jinping kini sedang menyiapkan jabatan presiden untuk periode ketiga buat dirinya setelah kini dia makin menancapkan pengaruhnya pada pertemuan Partai Komunis minggu ini di Beijing.

Hal tersebut disinyalir akan semakin mempermulus Xi Jinping untuk masa jabatan ketiga sebagai pejabat tinggi partai paling berkuasa di negara tersebut.

AP yang mengutip informasi dari Kantor Berita resmi Xinhua mengatakan, Presiden sekaligus Sekretaris Jenderal partai Xi Jinping merilis rancangan resolusi tentang prestasi besar dan pengalaman sejarah partai pada sesi pleno Komite Sentral yang dibuka pada hari Senin.

Para ahli mengatakan, hal itu akan menandai pernyataan besar ketiga partai tersebut dalam 100 tahun sejarahnya, menopang status Xi Jinping setara dengan pendiri Republik Rakyat Tiongkok Mao Zedong dan penggantinya Deng Xiaoping, yang mengawasi reformasi ekonomi penting.

Baca juga: Presiden Cina Xi Jinping Diperkirakan Jalani Masa Jabatan Ketiga

Seperti yang diketahui, China menghapus batas masa jabatan kepresidenan pada 2018. Kondisi ini berpotensi membuat Xi Jinping berada di puncak kekuasaan selama sisa hidupnya.

Dia diperkirakan akan diangkat kembali sebagai pemimpin partai melalui proses yang sangat tidak jelas pada kongres partai tahun depan, sebuah acara yang diadakan setiap lima tahun.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Bersumpah Lakukan Penyatuan Kembali dengan Taiwan

Pertemuan minggu ini dihadiri oleh sekitar 200 anggota Komite Sentral dan dijadwalkan akan berlangsung hingga Kamis.

Menurut Yang Yang, seorang profesor di Sekolah Ilmu Politik dan Administrasi Publik di bawah Universitas Ilmu Politik dan Hukum China, Xi Jinping telah mengungkapkan pemikiran melalui pernyataan publiknya dan pernyataan tentang sejarah partai diperkirakan tidak akan menghasilkan kejutan baru.

Baca juga: Ditelepon Joe Biden 90 Menit, Xi Jinping Ingatkan Kerugian Jika AS Dan China Berkonflik

Dokumen tersebut pada dasarnya akan merangkum kemunculan China dari dominasi asing, pendakian ekonominya, dan kemunculannya sebagai kekuatan dunia, kata Yang.

"Ini akan menekankan era baru pemerintahan Partai Komunis di bawah kepemimpinan Xi dan itu akan meletakkan dasar bagi Xi untuk menyamai Mao dan Deng dan meletakkan dasar bagi Xi untuk terus memerintah di masa depan," kata Yang.

Halaman
12
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved