Breaking News:

Seminggu 2 Kasus Pembakaran di Dalam Kereta Api, Kepolisian Jepang Perkuat Pengamanan di Stasiun

Pengamanan dilakukan menggunakan AI untuk mengetahui dan mendeteksi gerak-gerik orang yang mencurigakan di sekitar stasiun kereta api.

Editor: Dewi Agustina
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Anjing pelacak sedang mengincar koper yang dibawa penumpang di Stasiun Tokyo Shinkansen saat Olimpiade/Paralimpiade Agustus-September 2021. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dalam kurun waktu satu minggu, kasus pembakaran di dalam kereta api cepat terjadi dua kali di Jepang.

Kejadian pertama 31 Oktober lalu di dekat stasiun Kokuryo jalur Keio Tokyo, dan Senin (8/11/2021) kejadian serupa terjadi di dekat stasiun Shin Yatsushiro Kyushu Shinkansen.

Bagaimana upaya pengamanan yang dilakukan pihak kereta api setelah dua peristiwa pembakaran di dalam gerbong kereta api ini?

Sebelumnya menjelang dan saat Olimpiade/Paralimpiade Jepang dilakukan penjagaan ketat di beberapa stasiun kereta api besar di Jepang.

Khusus penumpang Shinkansen di Tokyo dilakukan pemeriksaan barang bawaan yang dicurigai.

Baca juga: Inilah Pelaku Pembakaran Kyushu Shinkansen Jepang Pagi Tadi

Selain itu dikerahkan pula anjing pelacak yang bisa mengendus benda berbahaya seperti senjata api, bahan-bahan berbahaya di dalam koper seperti bensin yang mudah meledak dan sebagainya.

Demikian pula CCTV tidak hanya dipasang di atas atap berbagai sudut pengintai, kamera kecil juga dipasang pada beberapa polisi yang terhubung langsung dengan stasiun kontrol.

Sehingga ke mana pun polisi khusus itu bergerak, dapat diketahui secara langsung (live) situasi kondisi yang ada di sekelilingnya.

Penggunaan AI (Artificial Intelligent) dalam bentuk kamera dan pengolahan proses data orang yang "tertangkap" pada gambar juga dilakukan, sehingga semua gerak orang dapat diketahui sebelumnya berdasarkan hasil analisa AI tersebut.

Anjing Pelacak di Stasiun Tokyo Shinkansen_1
Tim polisi dan anjing berpatroli di dalam stasiun Tokyo menjelang dan saat Olimpiade/Paralimpiade berlangsung Agustus-September 2021.
Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved