Breaking News:

Jalanan Bunga Sakura di Fukushima Jepang Apakah Terdampak Ledakan Pembangkit Nuklir?

Lalu bagaimana dengan dampak dari bunga Sakura terhadap ledakan nuklir yang terjadi 10 tahun lalu tepatnya tanggal 11 Maret 2021 di PLTN tersebut?

Foto: Kimimasa Mayama
Sakura dori atau Jalanan Sakura di dalam kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima kemarin (15/11/2021) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Di dalam kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) kota Tomioka Fukushima ada jalanan yang bernama Sakura Dori sangat cantik penuh bunga Sakura di saat musim semi. Bagaimana keberadaannya saat ini?

"Dulu masyarakat bisa memasuki daerah ini dengan bebas. Tetapi setelah peristiwa teror 911 di New York Amerika Serikat, saat ini untuk memasuki daerah Sakura Dori menjadi sangat ketat dan tak bisa sembarangan masuk," papar Takahiro Kimoto seorang pejabat Tepco khusus kepada Tribunnews.com kemarin (16/11/2021).

Lalu bagaimana dengan dampak dari bunga Sakura terhadap ledakan nuklir yang terjadi 10 tahun lalu tepatnya tanggal 11 Maret 2021 di PLTN tersebut?

"Selama ini yang kami ketahui tidak ada pengaruh, setiap tahun berbunga dengan biasa dan cantik sekali sekitar kami di saat musim Sakura di musim semi," paparnya lagi.

Pemberesan (di nonaktifkan, dekomposing, dilepaskan satu per satu, serta ditutup mati) untuk  reaktor 3 dan 4 di PLTN Fukushima praktis telah selesai saat ini. Reaktor-reaktor itulah terutama reaktor No.1 meledak 10 tahun lalu.

Sedangkan pemberesan reaktor 1 selesai 2028 dan 2 kemungkinan baru selesai tahun 2026 mendatang.

Jumlah pekerja di PLTN Fukushima per  bulan September 2021 (pekerja perusahaan yang bekerja sama dan karyawan Tepco) 3.420 orang per hari pada hari kerja

Apakah benar Sakura tak terpengaruh oleh ledakan nuklir di PLTN Fukushima?

Menurut Akihiro Yoshikawa mantan karyawan Tepco menuliskan bahwa jumlah pohon Sakura di sana sebelumnya sekitar 1200 polon.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved