Breaking News:

Penanganan Covid

Menlu Retno Sesalkan Kegagalan COVAX Dalam Distribusi Vaksin Covid-19, Ini Penyebabnya

Retno Marsudi sesalkan kegagalan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC EG) untuk mencapai target mengirimkan 2 miliar dosis tahun ini.

Tangkapan Layar Biro Pers Media Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyesalkan kegagalan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC EG) untuk mencapai target mengirimkan 2 miliar dosis tahun ini.

Utamanya ke negara dengan penghasilan rendah.

Pasalnya pendistribusian vaksin terkendala akses kesetaraan.

Baca juga: Singgung Kerumunan Konser dan Stadion Bola, Menlu Retno: Kita Masih Pandemi!

Vaksin Covid-19 telah menjadi barang langka dan sering dijual hanya kepada penawar tertinggi.

“Dan inilah yang terjadi saat ini,” kata Retno pada acara Global Town Hall yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) secara virtual, Sabtu (20/11/2021)

Menlu RI membeberkan, 64,99% orang di negara berpenghasilan tinggi telah divaksinasi dengan setidaknya satu dosis dibandingkan dengan 6,48% di negara berpenghasilan rendah.

Lebih dari 80% vaksin telah dikirim ke negara-negara G-20 dibandingkan dengan 0,4% ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Setiap hari, ada 6 kali lebih banyak booster yang diberikan secara global daripada dosis utama di negara-negara berpenghasilan rendah.

Baca juga: Konferensi Regional Bisnis dan HAM Dorong Penguatan Implementasi Kebijakan UNGPs di Asia-Pasifik

Menlu berujar 56 negara tidak memenuhi target WHO untuk memvaksinasi 10% dari populasi mereka pada September 2021 dan hampir 80 negara mungkin tidak mencapai target vaksinasi 40% pada akhir tahun ini.

Sementara itu, setidaknya 100 juta dosis dapat tidak digunakan dan kedaluwarsa di negara-negara G7 pada tahun 2021 dan jumlah dosis yang terbuang dapat meningkat menjadi 800 juta pada pertengahan 2022.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved