Breaking News:

Virus Corona

Ada Varian Omicron, Afrika Selatan Hadapi Gelombang Keempat Covid-19

Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus virus corona atau Covid-19 tiga kali lipat setiap harinya dalam sepekan terakhir.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
freepik
Ilustrasi Covid-19. Gelombang keempat Covid-19 di Afrika Selatab diprediksi terjadi beberapa minggu mendatang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JOHANNESBURG - Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus virus corona atau Covid-19 tiga kali lipat setiap harinya dalam sepekan terakhir.

Lonjakan tersebut seiring munculnya varian baru virus corona Omicron yang kali pertama diidentifikasi Ahli Virologi Afrika Selatan.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan gelombang keempat Covid-19 pun diprediksi dimulai beberapa minggu mendatang.

"Jika kasus terus meningkat, kita bisa memprediksi memasuki gelombang infeksi keempat dalam beberapa minggu ke depan atau bisa jadi lebih cepat," kata Ramaphosa.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (29/11/2021), sejauh ini para ilmuwan telah mendeteksi kasus varian Omicron, terutama di Afrika Selatan, Botswana, Hong Kong, dan Israel.

Mereka khawatir dengan tingginya jumlah mutasi yang diduga membuat varian ini berpotensi lebih resisten terhadap vaksin dan lebih mudah menular.

Baca juga: Mulai 30 November, Imigrasi Terapkan Aturan Baru Guna Cegah Varian Covid-19 Omicron Masuk Indonesia

Seorang dokter yang menangani pasien varian omicron ini mengatakan pada hari Minggu kemarin gejalanya sejauh ini tampak ringan dan dapat diobati di rumah.

Munculnya banyak kasus omicron di Afrika Selatan tentu saja membuat banyak negara memutuskan untuk menerapkan pembatasan perjalanan dari sejumlah negara Afrika.

Mengetahui hal ini, para pejabat Afrika Selatan pun sangat marah.

Baca juga: Pasangan Suami-istri Positif Covid-19 Minggat dari Karantina di Belanda dan Mencoba Lari ke Spanyol

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved