Perekonomian Jepang Bangkit Kembali, GDP Oktober-Desember 2021 Meningkat 5,4 Persen

Selama periode ktober sampai dengan Desember 2021 "konsumsi pribadi" yang menyumbang lebih dari setengah PDB, mengalami peningkatan nyata.

Editor: Dewi Agustina
Foto NHK
Grafik GDP Jepang tahun 2009 sampai dengan 2021. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, perekonomian Jepang mulai bangkit kembali terhitung sejak 2009 hingga akhir 2021.

Bahkan GDP atau PDB (Produk Domestik Bruto) Jepang antara Oktober sampai dengan Desember 2021 meningkat 5,4 persen secara riil dibandingkan dengan 3 bulan sebelumnya.

"Hal itu menunjukkan peningkatan pertama dalam dua kuartal," ungkap sumber Tribunnews.com di pemerintahan Jepang, Selasa (15/2/2022).

Selama periode ini--setelah keadaan darurat Covid-19 dicabut--,"konsumsi pribadi" yang menyumbang lebih dari setengah PDB, mengalami peningkatan nyata.

Angka awal untuk PDB dari Oktober hingga Desember tahun lalu yang diumumkan oleh Kantor Kabinet pada tanggal 15 Februari 2022 ini menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan riil tidak termasuk fluktuasi harga adalah 1,3 persen lebih tinggi dari tiga bulan sebelumnya.

Baca juga: Warga Jepang di Ukraina yang Sudah Level-4, Diminta Pulang ke Negaranya

"Jika ini berlanjut selama satu tahun, tingkat tahunan akan menjadi + 5,4 persen, kenaikan pertama dalam dua periode," ungkapnya.

Faktor utamanya adalah peningkatan dalam "konsumsi pribadi", yang menyumbang lebih dari setengah PDB.

Bahkan setelah keadaan darurat dicabut pada akhir September 2021, status infeksi virus corona baru relatif tenang, sehingga permintaan untuk industri jasa seperti makan di luar dan akomodasi meningkat, dan "konsumsi pribadi" dalam tiga bulan sebelumnya bila dibandingkan adalah + 2,7 persen.

"Ekspor" juga mengalami + 1,0 persen karena peningkatan produksi mobil.

Akibatnya, PDB untuk tahun lalu berubah positif untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, dengan tingkat pertumbuhan riil 1,7 persen.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved