Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Akhirnya Kembali Ekspor Gandum, Pertama Kalinya Sejak Perang dengan Rusia

Ukraina kembali mengekspor gandum, kapal bermuatan bahan pangan meninggalkan pelabuhan Odessa pertama kalinya sejak perang dengan Rusia.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Metin Akta/Anadolu via Al Jazeera (Tangkap Layar)
Kapal kargo Razoni yang mengangkut gandum berangkat dari pelabuhan Odesa, Ukraina pada Senin (1/8/2022). - Ukraina akhirnya kembali mengekspor gandum, kapal bermuatan bahan pangan meninggalkan pelabuhan Odessa pertama kalinya sejak perang dengan Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah kapal bermuatan gandum Ukraina telah meninggalkan pelabuhan Laut Hitam di Odesa untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Ukraina akhirnya bisa kembali mengekspor gandum pada Senin (1/8/2022), setelah PBB dan Turki menengahi kesepakatan antara Rusia dan Ukraina bulan lalu.

Menurut Kementerian Pertahanan Turki, kapal berbendera Sierra Leone bernama Razoni meninggalkan Odesa setelah pukul 06.00 GMT.

Kapal itu membawa lebih dari 26.000 metrik ton jagung, dengan tujuan akhir adalah Tripoli, Lebanon utara.

Data dari Sistem Identifikasi Otomatis Razoni, pelacak keselamatan untuk kapal di laut, menunjukkan kapal perlahan keluar dari tempat berlabuhnya di Odesa bersama kapal tunda.

Kapal berjalan sangat lambat karena adanya ranjau di Laut Hitam yang ditempatkan oleh pasukan Ukraina untuk mencegah tentara Rusia maju menuju Odesa dari laut.

Baca juga: Pekan Ini Belasan Kapal Ukraina Siap Kirim Gandum dari Pelabuhan Odessa

Pemuatan kapal dipantau oleh staf Ukraina, Turki, dan PBB.

Menurut laporan Al Jazeera, kapal Razoni akan tiba di Istanbul Turki pada pukul 12.00 GMT hari Selasa (2/8/2022) ini.

Selanjutnya, kapal akan diperiksa personel Pusat Koordinasi Gabungan (JCC), yang terdiri dari perwakilan Ukraina, Rusia, Turki, dan PBB.

Setelah pemeriksaan, perjalanan dilanjutkan untuk mencapai Tripoli.

Lantas mengapa pembukaan ekspor gandum Ukraina penting?

Ukraina dan Rusia adalah pengekspor gandum terbesar di dunia, namun perang menyebabkan blokade de facto di jalur pelayaran Laut Hitam.

Akibatnya, ekspor Ukraina turun menjadi seperenam dari tingkat sebelum perang.

Sebuah kapal kargo Suriah  Laodicea membawa gandum curian telah berlabuh di Lebanon, misi diplomatik Ukraina di Timur Tengah mengatakan pada Kamis (28/7/2022).
Sebuah kapal kargo Suriah Laodicea membawa gandum curian telah berlabuh di Lebanon, misi diplomatik Ukraina di Timur Tengah mengatakan pada Kamis (28/7/2022). - Ukraina akhirnya kembali mengekspor gandum, kapal bermuatan bahan pangan meninggalkan pelabuhan Odessa pertama kalinya sejak perang dengan Rusia. (Twitter)

Ini mengakibatkan harga bahan pangan dunia melonjak.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved