China dan Taiwan Memanas

China Ingatkan Amerika dan Inggris: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang!

Zheng Zeguang memperingatkan bahwa campur tangan Inggris dan Amerika Serikat (AS) dalam masalah Taiwan dapat mengakibatkan terjadinya perang.

Fox News
Lima dari sembilan rudal balistik yang ditembakkan angkatan perang China yang sedang melakukan latihan operasi militer di Selat Taiwan, dilaporkan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Duta Besar China untuk Inggris, Zheng Zeguang telah memperingatkan bahwa campur tangan Inggris dan Amerika Serikat (AS) dalam masalah Taiwan dapat mengakibatkan terjadinya perang.

Ia mengklaim hubungan China dengan Inggris saat ini berada di persimpangan jalan di pulau itu.

Dikutip dari laman Russia Today, Kamis (18/8/2022), Zeguang pada Selasa lalu menawarkan sikap pemerintahnya tentang perselisihan teritorial, sambil menyatakan bahwa Taiwan telah menjadi 'ujian' bagi China, AS dan Inggris.

"Selama bertahun-tahun, AS telah memainkan 'kartu Taiwan' untuk menahan China dengan menyetujui penjualan senjata ke pulau itu, meningkatkan hubungannya dengan pihak berwenang di sana," kata Zeguang.

Pernyataan ini ia sampaikan merujuk pada sebuah kebijakan yang menghalangi negara asing untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan 'yang telah lama mengklaim memiliki pemerintahan sendiri'.

Baca juga: Taiwan Pamer Jet Tempur F-16V Tercanggihnya Setelah Latihan Militer China

Menurut China, 'kemerdekaan Taiwan' mengindikasikan munculnya perang dan akan menemui jalan buntu dalam penyelesaiannya.

Zeguang pun meminta Inggris untuk tidak mengikuti 'jejak AS', mengutip kunjungan baru-baru ini yang dilakukan oleh anggota parlemen senior Amerika ke Taiwan.

Ia mencatat bahwa pulau itu 'selalu menjadi masalah sensitif di pusat hubungan antara Inggris dan China'.

Komentar tersebut muncul di tengah babak baru latihan militer China di udara dan perairan sekitar Taiwan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved