Tragedi Pesta Halloween di Korsel

Pesta Halloween Seoul Tewaskan 151 Orang, Berikut Daftar Insiden Kerumunan Terburuk yang Pernah Ada

Setidaknya 151 orang tewas dalam insiden perayaan Halloween di ibu kota Korea Selatan, Seoul, pada Sabtu (29/10/2022) malam.

SURYA/PURWANTO
Ribuan suporter Arema FC (Aremania) melakukan unjuk rasa melewati Jalan Basuki Rahmat, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (27/10/2022). Selain menuntut penuntasan kasus tragedi Kanjuruhan yang transparan dan adil, mereka juga meminta pihak terkait pelaksana liga yakni PSSI dan pemegang hak siar pertandingan Arema FC melawan Persebaya turut bertanggung jawab dalam tragedi yang menewaskan 135 orang tersebut. SURYA/PURWANTO 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Setidaknya 151 orang tewas dalam insiden perayaan Halloween di ibu kota Korea Selatan, Seoul, pada Sabtu (29/10/2022) malam.

Mereka tewas setelah berdesakan dan terinjak-injak pengunjung lain saat menghadiri pesta yang berlangsung di Itaewon, Seoul.

Beberapa saksi menggambarkan kerumunan pesta menjadi semakin tidak terkendali saat malam semakin larut. Insiden mengerikan itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 10:20 malam waktu setempat (13:20 GMT).

Baca juga: Presiden Yuun Perintahkan Pejabat Segera Kerahkan Bantuan & Evakuasi Korban Pesta Halloween Itaewon

Dilansir dari Reuters, berikut ini beberapa insiden kerumunan terburuk dalam tiga dekade terakhir:

1. Hillsborough Disaster April 1989

Sebanyak 96 orang tewas dan sedikitnya 200 orang terluka dalam bencana olahraga terburuk di Inggris, setelah kerumunan penggemar berdesakan dalam pertandingan semifinal Piala FA Inggris antara Liverpool dan Nottingham Forest di stadion Hillsborough, Sheffield, Inggris.

2. Terowongan Al-Muaisim Arab Juli 1990

Di dalam terowongan al-Muaisim Arab Saudi, yang berlokasi di dekat kota suci Mekkah, sebanyak 1.426 jemaah haji tewas. Insiden tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, dan terjadi karena jemaah haji dari dua arah saling berebut untuk memasuki terowongan tersebut.

3. Tragedi Mina Mei 1994

Empat tahun setelah insiden di terowongan al-Muaisim, sebanyak 270 jemaah haji meninggal dunia saat melakukan lempar jumrah.

Jenazah korban kerusuhan Halloween, yang menewaskan lebih dari 140 orang, dibawa dengan tandu di lingkungan Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. Sekitar 150 lainnya terluka. dalam pesta mengerikan di pusat kota Seoul ketika kerumunan besar yang merayakan Halloween berdesakkan di jalan sempit, kata para pejabat.
Jenazah korban kerusuhan Halloween, yang menewaskan lebih dari 140 orang, dibawa dengan tandu di lingkungan Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. Sekitar 150 lainnya terluka. dalam pesta mengerikan di pusat kota Seoul ketika kerumunan besar yang merayakan Halloween berdesakkan di jalan sempit, kata para pejabat. (Anthony WALLACE / AFP)

4. Insiden Haji April 1998

Setidaknya 119 jamaah haji tewas karena berdesak-desakan saat pelaksanaan lempar jumrah.

5. Stadion Ghana Mei 2001

Di Ghana, sedikitnya 126 orang tewas terinjak-injak di stadion sepak bola utama Accra ketika polisi menembakkan gas air mata ke arah kerumunan. Ini menjadi salah satu bencana sepak bola terburuk di Afrika.

Baca juga: 149 Orang Tewas Dalam Insiden Pesta Halloween di Seoul, Ada Warga AS yang Jadi Korban

Halaman
1234
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved