Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

AS Takkan Kirim Rudal Patriot ke Ukraina, Jerman Juga Menolaknya

AS takkan mengirimkan sistem rudal pertahanan udara Patriot ke Ukraina. Jerman juga telah menolak penempatan Patriot di Ukraina.

Anthony Sweeney/U.S. Army Europe
Baterai Sistem Rudal Pertahanan Udara Patriot buatan Raytheon, AS. Ini sistem pertahanan udara paling canggih yang dibuat industri militer AS dan digunakan di banyak negara sekutu AS. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Amerika Serikat saat ini tidak memiliki rencana untuk mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina.

Penegasan dikemukakan kata juru bicara Pentagon, Brigjen Pat Ryder di Washington, Rabu (30/11/2022) WIB.

“Saat ini kami tidak memiliki rencana untuk menyediakan baterai Patriot ke Ukraina, tetapi sekali lagi, kami akan terus melakukan diskusi tersebut,” kata Ryder.

"Akan terus ada diskusi yang berkelanjutan," katanya. "Ketika kami memiliki lebih banyak untuk diumumkan di depan itu, kami pasti akan melakukannya," imbuhnya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah menyinggung blok pertahanan itu sedang mendiskusikan kemungkinan pasokan sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina.

Baca juga: Ukraina Minta Bantuan Rudal ‘Patriot’ dari Amerika Serikat

Baca juga: Ini Bedanya Rudal Patriot Amerika Vs S-400 Rusia, Mana yang Lebih Unggul ?

Baca juga: AS Setuju Jual Peralatan Rp 1,4 Triliun untuk Upgrade Rudal Patriot Taiwan

Sistem pertahanan udara Patriot buatan AS yang terdiri dari roket pencegat udara dan sistem radar dimaksudkan untuk mencegat hulu ledak rudal balistik dan jelajah.

Jerman sudah menyatakan tidak setuju mengerahkan sistem rudal pertahanan udara Patriot ke Ukraina meskipun ada desakan dari Polandia.

Pembuat kebijakan di Warsawa menyadari fakta ini, tetapi ini tidak menghentikan sebagian besar elemen mapan Polandia dan kelas politik untuk mewujudkannya.

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht pernah mengumumkan kesepakatan dengan Polandia untuk mengizinkan jet perang Eurofighter Jerman berpatroli di wilayah udara Polandia.

Penempatan sistem pertahanan udara Patriot di Polandia juga disinggung. Belakangan elite pejabat Polandia mengajukan gagasan ekstrem, menempatkan rudal Patriot langsung ke Ukraina.

Ide itu dikemukakan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, Ketua Partai Hukum dan Keadilan (PiS) Polandia yang berkuasa Jaroslaw Kaczynski, dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak.

Warsawa awalnya menerima tawaran Berlin untuk pengerahan rudal Patriot ke negaranya sesudah serangan rudal yang ternyata dilakukan pasukan Ukraina.

Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak telah meminta Jerman mentransfer dan mengerahkan baterai Patriot di sepanjang perbatasan barat dengan Ukraina.

Cara itu dianggap memungkinkan melindungi Ukraina dan meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan timur Polandia.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved