Profil Hakeem Jeffries, Politisi Kulit Hitam Pertama yang Jadi Ketua DPR AS dari Partai Demokrat

Politisi Hakeem Jeffries terpilih dengan suara bulat menjadi Ketua DPR Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat pada Rabu (30/11/2022).

Instagram @repjeffries
Hakeem Jeffries saat menghadiri acara Thanksgiving pada 25 November 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Politisi Hakeem Jeffries terpilih dengan suara bulat menjadi Ketua DPR Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat pada Rabu (30/11/2022).

Penunjukkan Jeffries menjadi peristiwa bersejarah, karena pria berusia 52 tahun ini menjadi politisi kulit hitam pertama yang menduduki posisi tersebut.

Dalam pidatonya setelah pemungutan suara pada Rabu, Jeffries mengatakan Partai Demokrat akan bekerja sama dengan Partai Republik.

Baca juga: Joe Biden Ucapkan Selamat kepada Partai Republik karena Memenangkan DPR AS

Namun, dia menambahkan bahwa Demokrat akan "menolak ekstremisme kapan pun diperlukan".

Lantas, siapa itu Hakeem Jeffries, dan apa arti kemenanganya bagi masa depan partai Demokrat? Berikut kita lihat kiprahnya di Kongres AS sejauh ini.

1. Gantikan Nancy Pelosi

Dikutip dari Al Jazeera, Jeffries akan menggantikan Perwakilan California dan Ketua DPR saat ini Nancy Pelosi sebagai kepala kaukus Demokrat. Pelosi merupakan wanita pertama dalam sejarah AS yang memegang peran tersebut.

Nancy Pelosi telah menjabat sebagai pemimpin partai Demokrat selama hampir 20 tahun. Pelosi mengumumkan dia akan mundur sebagai pemimpin partai pada 17 November bersama dengan dua DPR Demokrat lainnya, Steny Hoyer dari Maryland dan Jim Clyburn dari Carolina Selatan. Ketiganya berusia sekitar 80-an.

Kepergian mereka mengantarkan generasi muda menuju ke kepemimpinan Demokrat, termasuk Jeffries yang berusia 52 tahun.

Pria yang lahir di Brooklyn, New York, pada 4 Agustus 1970 bergabung dengan Perwakilan Massachusetts Katherine Clark, 59 tahun, dan Perwakilan California Pete Aguilar, 43 tahun, yang masing-masing sebagai jajaran pemimpin Demokrat.

Jeffries berterima kasih kepada Pelosi dalam pidatonya pada Rabu, menyebutnya sebagai "Pembicara luar biasa selama berabad-abad yang telah menyampaikan begitu banyak hal untuk begitu banyak orang selama periode waktu yang begitu signifikan".

“Kaukus kita lebih baik. Negara kita lebih baik. Dunia menjadi lebih baik karena kepemimpinan yang luar biasa dari Pembicara Nancy Pelosi,” katanya.

2. Lulusan Hukum yang Berkiprah di Dunia Politik

Jeffries dibesarkan di Crown Heights, Brooklyn, Amerika Serikat. Dia lulus dari dari Midwood High School pada 1988.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved