Breaking News:

Ini Cara Merawat Luka Usai Operasi Caesar Agar Tak Infeksi

Mama yang bersalin caesar, masih mempunyai sedikit PR untuk memerhatikan luka bekas caesar yang berada di bawah pusar.

zoom-inlihat foto Ini Cara Merawat Luka Usai Operasi Caesar Agar Tak Infeksi
kompas
Ilustrasi Operasi Caesar

TRIBUNNEWS.COM - Usai bersalin, Mama sudah bisa melakukan banyak hal di rumah. Tak terkecuali Mama yang melahirkan dengan cara caesar, selama tidak ada masalah berarti.

Hanya saja, untuk Mama yang bersalin caesar, masih mempunyai sedikit PR untuk memerhatikan luka bekas caesar yang berada di bawah pusar.

Pasalnya, luka tersebut tidak bisa “simsalabim” sembuh. Luka bekas caesar juga rawan infeksi jika tidak dijaga kehigienisannya, serta bisa menimbulkan keluhan rasa sakit jika tidak diperlakukan dengan benar.

Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut saat merawat luka bekas caesar seperti disarankan Dr. Dinda Derdameisya, SpOG, Brawijaya Womens Hospital, Jakarta.

perawatan luka caesar

Kenakan pakaian dan celana longgar
Sepulang dari rumah sakit, luka bekas operasi caesar akan ditutup dengan perban.

Seminggu kemudian, Mama harus kontrol ke dokter.

Selama satu minggu itu, tak perlu khawatir karena luka tersebut dilindungi perban yang kuat dan tahan air. Ini artinya Mama tetap bisa mandi, karena tidak akan membasahi luka.

Hanya saja, Mama perlu selalu menjaga pelekat perban tetap menempel sempurna pada kulit. Jika sampai ada yang terkelupas, dikhawatirkan perban bocor, sehingga akan mudah masuk air dan terjadi infeksi.

Jadi, saat mandi, tetap diperlukan kehati-hatian, terutama saat menggosok bagian perut. Begitu pula saat Mama beraktivitas, jaga jangan sampai membuat gerakan meregang yang mengakibatkan perekat perban copot.

Selama proses penyembuhan luka bekas operasi caesar, Mama disarankan mengenakan pakaian dan celana longgar, seperti baby doll, piyama, daster.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved