Bagaimana Cegah Obesitas pada Anak? Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Konsumsi gula yang berlebihan tentunya tidak baik bagi si kecil. Oleh karena itu, Anda oangtua perlu mengontrol asupan gula si kecil.

Bagaimana Cegah Obesitas pada Anak? Ini yang Harus Dilakukan Orangtua
topnews.in
Obesitas pada anak

TRIBUNNEWS.COM - Penelitian menunjukkan bahwa manusia secara alami tertarik pada rasa manis, termasuk bagi anak-anak.

Pemanis bisa berkisar dari bentuk yang sederhana, seperti fruktosa dan glukosa. Hingga gula meja biasa, madu, dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Meskipun penggunaan utama gula adalah sebagai pemanis, gula memiliki kegunaan lain. Misalnya, dapat digunakan sebagai pengawet, dapat mengubah tekstur makanan, dan dapat meningkatkan rasa dan menambah warna.

Gula dalam makanan, baik alami atau ditambahkan, menyediakan kalori sebagai bahan bakar yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca: Gatal-gatal Bukan Selalu karena Alergi, Diabetes Bisa Jadi Biang Keladi

Konsumsi gula yang berlebihan tentunya tidak baik bagi si kecil. Oleh karena itu, Anda oangtua perlu mengontrol asupan gula si kecil, dengan tidak membiasakan memberikan makanan tinggi gula.

Anda harus ingat bahwa kalori dari gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, gula juga dapat berperan dalam perkembangan kerusakan gigi.

Penggunaan gula tebu dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan. Juga dapat menyebabkan banyak kondisi kesehatan seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Berikut alternatif gula yang bisa Anda pakai selain gula tebu.

1. Madu organik

Madu tetap menjadi pemanis alami yang paling dikenal. Madu mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral, termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng, menurut National Honey Board.

Baca: Selalu Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup? Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved