Penderita HIV AIDS di Kabupaten Tulungagung Sekitar 100 Ribu Orang, Yang Terdeteksi 2.000 Orang

Untuk menemukan para pengidap HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Tulungagung menggandeng semua fasilitas kesehatan swasta dan LSM.

Penderita HIV AIDS di Kabupaten Tulungagung Sekitar 100 Ribu Orang, Yang Terdeteksi 2.000 Orang
Warta Kota/Nur Ichsan (SAN)
Penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS gratis di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sikap malas melapor ke petugas kesehatan diduga menjadi penyebab jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjadi sangat banyak.

Jumlah pengidap HIV AIDS di kabupaten ini diperkirakan mencapai 100 ribu orang, namun baru terdeteksi total penderita HIV AIDS di Tulungagung mencapai 2 ribuan orang.

Dalam banyak temuan, kondisi penderita HIV AIDS di Tulungagung sakit parah. Data riil jumlah penderita HIV/AIDS yang sudah terdeteksi sebanyak 2.372 orang.

Kasi P2M Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka mengatakan, 70 persen pasien HIV/AIDS ditemukan dirawat di rumah sakit, karena penyakit infeksi.

“Yang 30 persen dalam kondisi sehat, karena mereka selalu berkonsultasi dengan petugas kesehatan,” ujar Didik, Selasa (7/5/2019).

Pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Tulungagung masuk dalam kategori terkonsentrasi dengan angka 5 hingga 10 orang per 100 penduduk.

Baca: Cara Mengirimkan File dan Folder Via Google Drive

Jika saat ini jumlah penduduk Tulungagung sebanyak 1.000.000 orang, maka jumlah pengidap HIV/AIDS sebanyak 50.000 hingga 100.000 orang.

“Yang terdeteksi hanya 2.372 orang, masih banyak yang harus ditemukan,” sambungnya.

Untuk menemukan para pengidap HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Tulungagung menggandeng semua fasilitas kesehatan swasta dan LSM.

Termasuk klinik-klinik pratama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved