Bolehkan Ibu Hamil Olahraga Kardio?

Pencinta fitness juga seringkali ingin tahu cara olahraga teraman ketika hamil, termasuk ketika melakukan kardio. Amankah kardio untuk ibu hamil?

Bolehkan Ibu Hamil Olahraga Kardio?
HUFFINGTON POST
Riset ahli mendapati temuan bahwa botol plastik berisi kimiawi pengganggu hormon yang dapat menyebabkan kanker, diabetes, ADHD dan autisme. 

TRIBUNNEWS.COM - Ibu hamil harus menjaga betul kandungannya. Tak hanya dari asupan makanan dan minuman, tapi juga aktivitas fisik.

Namun, seberapa mereka harus berhati-hati?

Kehamilan umumnya terjadi selama sembilan bulan. Itu adalah waktu yang cukup lama jika harus berhenti dari aktivitas tertentu.

Apalagi, jika kamu merupakan perempuan yang sibuk dan punya gaya hidup aktif.

Pencinta fitness juga seringkali ingin tahu cara olahraga teraman ketika hamil, termasuk ketika melakukan kardio. Amankah kardio untuk ibu hamil? Misal lari, bersepeda, mendayung, dan aktivitas kardio lainnya.

Jawabannya adalah, ya.

Jika kehamilanmu normal dan dokter memperbolehkannya, maka latihan kardio saat hamil boleh dilakukan.

Baca: Risiko yang Ditanggung Apabila Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

"Pastikan selalu peka terhadap apa yang diri kita rasakan sebelum dan selama latihan. Jaga tubuh tetap terhidrasi dan istirahat secara berkala," kata professional fitness dan pendiri Mamawell, Roise Stockley.

Selain itu, Stockley juga menyarankan agar ibu hamil meminta saran pada dokter tentang apa saja yang perlu dihindari.

Latihan kardiovaskular sendiri mampu meningkatkan denyut jantung sehingga berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara umum, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi kemungkinan diabetes kehamilan, mengurangi sembelit, serta membantu mengatasi sakit punggung dan kaki.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved