Ashraf Sinclair Meninggal

Seberapa Besar Risiko Seseorang Terkena Serangan Jantung? Nilai Kalsium Bisa Jadi Indikator

tidak pada semua penderita memberikan tanda atau gejala, oleh karena itu penyakit jantung koroner sering disebut "silent-killer"

Seberapa Besar Risiko Seseorang Terkena Serangan Jantung? Nilai Kalsium Bisa Jadi Indikator
bethsaidahospitals.com
ILUSTRASI. Pemeriksaan Jantung. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Suami Bunga Citra Lestari atau BCL, Ashraf Sinclair dikabarkan meninggal dunia pagi ini, Selasa (18/2/2020).

Kepergian aktor asal Malaysia ini cukup mendadak.

Ashraf Sinclair meninggal karena serangan jantung di usia 40 tahun.

Soal penyakit jantung,  ada bermacam jenisnya, antara lain penyakit jantung koroner, katup, bawaan, hipertensi, gagal jantung, irama jantung dan lain-lain.

Masing-masing mempunyai gejala dan tanda yang berbeda. Yang paling menakutkan adalah penyakit jantung koroner karena tingkat fatalitas yang tinggi (mematikan).

Sayangnya tidak pada semua penderita memberikan tanda atau gejala, oleh karena itu penyakit jantung koroner sering disebut "silent-killer" (pembunuh diam-diam).

"Karena itu kita harus selalu cek memeriksakan kondisi jantung untuk dapat mengetahui kondisinya, terutama pada orang yang mempunyai risiko," kata DR Dr Raja Adil C Siregar SpJP(K), Cardiologist/Ahli Jantung dan Pembuluh Darah Bethsaida Hospital Gading Serpong.

Raja menjelaskan, penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang mengenai sistem pembuluh darah koroner, yaitu sistem pembuluh darah yang memberi darah (mensuplai energi dan oksigen) ke otot jantung.

Untuk bisa menjalankan tugasnya secara baik, yaitu bergerak/berdenyut memompa darah ke seluruh tubuh, otot jantung memerlukan suplai darah melalui pembuluh darah koroner.

"Bila ada yang menghalangi suplai darah ke otot jantung, misalnya karena ada sumbatan di pembuluh darah koroner sehingga mengganggu jalannya darah, maka darah yang sampai ke otot jantung akan berkurang, dengan akibat tampilan kerja otot jantung akan berkurang, dari derajat ringan (sumbatan ringan) sampai yang terberat (tersumbat total pada serangan jantung akut)," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved