Breaking News:

Virus Corona

Ini Tahapan Sebelum Seseorang Dinyatakan Terjangkit Corona Virus

Ada beberapa tahapan sebelum seseorang akhirnya dinyatakan positif terjangkit novel corona virus (COVID-19).

TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Jubir Istana untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Ada beberapa tahapan sebelum seseorang akhirnya dinyatakan positif terjangkit novel corona virus (COVID-19).

Juru bicara (jubir) untuk penanganan virus corona di Indonesia, Achmad Yurianto menyebutkan tahapannya Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan, Suspec, dan Positif Corona.

Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas 1 Soetta melakukan pemeriksaan suhu tubuh crew pesawat maskapai asing setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (3/3/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta kini melakukan tiga lapis pemeriksaan bagi seluruh penumpang yang tiba mulai dari pemeriksaan riwayat perjalanan, riwayat kesehatan hingga pemeriksaan suu tubuh yang kesemua itu merupakan prosedur yang harus dijalankan untuk pencegahan dini penyebaran virus corona. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas 1 Soetta melakukan pemeriksaan suhu tubuh crew pesawat maskapai asing setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (3/3/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta kini melakukan tiga lapis pemeriksaan bagi seluruh penumpang yang tiba mulai dari pemeriksaan riwayat perjalanan, riwayat kesehatan hingga pemeriksaan suu tubuh yang kesemua itu merupakan prosedur yang harus dijalankan untuk pencegahan dini penyebaran virus corona. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUN/IRWAN RISMAWAN)

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Orang dalam pemantauan ini berlaku bagi semua orang yang masuk ke Indonesia.

Ini artinya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari negara yang sudah diyakini terjadi penularan COVID-19 dari manusia ke manusia.

Saat ini tidak hanya yang berasal dari China, tapi juga dari negara yang penyebaran virus coronanya cukup tinggi seperti Korea Selatan maupun Malaysia.

“Misalnya datang dari China, Korea Selatan, Jepang, Iran, Italia, Singapura, Malaysia, maka kita akan menempatkan mereka ke dalam kriteria ODP,” ungkap Yurianto di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).

Pemantauan yang dilakukan untuk mengantisiapsi kalau orang-orang tersebut sakit, sehingga bisa demgan cepat pelacakan karena terus dipantau.

Yurianto menegaskan kalau mereka yang ODP bukan sakit hanya dilakukan pemantauan saja.

Halaman
123
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved