Breaking News:

4 VIDEO Tutorial Cara Membuat Masker Kain: Ada yang Cukup Pakai Karet Gelang hingga Perlu Dijahit

Berikut kumpulan video tutorial cara membuat masker dari kain, dari yang paling sederhana hingga harus menggunakan mesin jahit

TRIBUNNEWS.COM - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC kini merekomendasikan penggunaan masker kain bagi siapapun yang keluar rumah, sakit ataupun tidak sakit, demi mencegah penularan virus corona.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan penggunaan masker bagi yang sakit saja.

Namun kini, penggunaan masker oleh siapa saja mulai dipertimbangkan karena ada beberapa orang yang tidak menunjukkan gejala virus corona, tapi sebenarnya memiliki virus tersebut (disebut silent carrier atau hidden carrier).

Baca: Anies Baswedan Terlihat Memakai Masker Kain Saat Hadiri Paripurna Pemilihan Wagub DKI

WHO pun mendukung keputusan pemerintah yang merekomendasikan penggunaan masker oleh semua orang, South China Morning Post mengabarkan.

Seorang pelancong internasional yang mengenakan masker di Bandara Internasional Los Angeles (LAX) pada 12 Maret 2020 sehari sebelum larangan bepergian penerbangan AS pada 26 negara Eropa sebagai bentuk pencegahan berkelanjutan terkait virus corona
Seorang pelancong internasional yang mengenakan masker di Bandara Internasional Los Angeles (LAX) pada 12 Maret 2020 sehari sebelum larangan bepergian penerbangan AS pada 26 negara Eropa sebagai bentuk pencegahan berkelanjutan terkait virus corona (Frederic J. BROWN / AFP)

Namun, penggunaan masker medis atau masker bedah diprioritaskan untuk petugas medis saja, karena terbatasnya pasokan masker medis saat ini.

Sementara bagi orang yang tidak bekerja di sektor medis, diharapkan memakai masker dari kain saja.

Meski tidak seefektif masker bedah, masker kain dinilai cukup membantu pemakainya melindungi diri dari virus, daripada tidak memakai masker sama sekali.

Tidak seperti masker bedah yang memerlukan material khusus, masker kain lebih mudah dibuat oleh siapa saja.

Tutorial cara pembuatan masker kain pun banyak beredar di YouTube.

Baca: Masyarakat Wajib Gunakan Masker Kain saat Keluar Rumah, Cuci setelah 4 Jam Pemakaian

Pembuatan masker kain ini bermacam-macam, ada yang sederhana menggunakan kain dan karet hingga harus dijahit.

Halaman
1234
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved