Breaking News:

Virus Corona

Lab Covid BSL-2 dari Medco di RS Dharmais Mampu Uji Hingga 100 Sampel Per Hari

Fasilitas laboratorium biosafety level 2 (BSL-2)Mampu Uji Hingga 100 Sampel Per Hari

Medco Foundation
Usai Serahterima, sejumlah pimpinan RS Kanker Dharmais dan Medco Foundation menyaksikan Fasilitas laboratorium biosafety level 2 (BSL-2) di Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta, Jumat (29/5/2020). Fasilitas Laboratorium BSL-2 sumbangan Medco Group di RS Kanker Dharmais, mampu menguji 100 sampel per hari. Laboratorium BSL-2 ini dibangun untuk mendukung pemerintah memperluas cakupan rapid test-PCR. (Medco Foundation) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fasilitas laboratorium biosafety level 2 (BSL-2) di Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais diserahterimakan, Jumat (29/5/2020).

Fasilitas ini dibangun dari inisiatif Medco Peduli, dimulai akhir April lalu.

Laboratorium BSL-2 ini dibangun untuk mendukung pemerintah memperluas cakupan rapid test-Polymerase Chain Reaction (PCR), menambah laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19 di Indonesia, dan secara khusus membantu mempercepat tata laksana pencegahan risiko penularan virus Covid-19 bagi penderita kanker.

Head of Medco Foundation, Roni Pramaditia, mengatakan ancaman gelombang kedua pandemi mulai muncul di beberapa negara Eropa dan Asia.

Indonesia harus bersiap menghadapinya dengan menyiapkan langkah mitigasi yang tepat. Salah satunya, menyediakan infrastruktur, termasuk rumah sakit dan laboratorium khusus.   

"Laboratorium BSL-2 untuk Rumah Sakit Kanker Dharmais ini akan mendukung upaya percepatan penanggulangan dampak pandemi, terutama pada aspek kesehatan. Dengan adanya lab ini, pengujian bisa lebih masif. Dari lab ini saja, bisa 100 tes per hari. Ini akan memperkuat fasilitas lain yang sudah ada," ujar Roni.

Pada peluncuran laboratorium itu, Roni mengajak pihak lain ikut membantu pemerintah mempercepat penanganan pandemi.

“Perusahaan swasta, lembaga swadaya, pesantren, komunitas, hingga individu, semua bisa berkontribusi membantu pemerintah. Dengan bergerak bersama, kita akan bisa melewati masa sulit ini,” kata Roni.

Pelaksana Tugas Direktur Utama RS Kanker Dharmais, Dr dr Iwan Dakota SpJP (K) MARS, saat serah terima laboratorium tersebut menyampaikan, fasilitas yang disumbang Medco ini sangat dibutuhkan terutama dalam melayani pasien kanker yang umumnya immnunocompromised.

Selain digunakan oleh RS Dharmais, laboratorium ini juga menjadi rujukan pemeriksaan sampel Covid-19 oleh rumah sakit dan lembaga lain baik di DKI Jakarta maupun tingkat nasional.

Halaman
12
Penulis: Bian Harnansa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved