Breaking News:

Minum Multivitamin untuk Imun Tubuh, Amankah Jika Dikonsumsi Tiap Hari? Ini Penjelasan Dokter

Suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin, tapi amankah jika minum suplemen setiap hari meski badan masih sehat?

n
minum vitamin1 

TRIBUNNEWS.COM - Multivitamin banyak dikonsumsi orang sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Multivitamin memang kombinasi dari banyak vitamin berbeda yang biasanya ditemukan dalam makanan dan sumber alami lainnya.

Suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin yang disebabkan oleh penyakit tertentu, kehamilan, gizi buruk, gangguan pencernaan, dan berbagai kondisi lainnya.

Menurut pakar diet dari Cleveland Clinic, Anna Taylor, multivitamin bukanlah cara terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi atau vitamin yang kita butuhkan setiap harinya.

Tak jauh berbeda dengan pendapat Taylor, ahli penyakit dalam Raul Seballos, mengatakan, mengonsumsi multivitamin tidak akan menurunkan risiko serangan jantung, stroke, atau kematian akibat penyakit kardiovaskular pada orang dewasa yang sehat.

Faktanya, laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan, tidak ada cukup bukti untuk mendukung manfaat apa pun dari suplemen vitamin dan mineral untuk pencegahan kanker atau penyakit kardiovaskular.

Untuk pria berusia 65 tahun atau lebih, multivitamin tidak memberikan manfaat kognitif.

"Bagaimanapun juga, multivitamin tidak akan menggantikan manfaat pola makan sehat," ucap Seballos.

Efek samping multivitamin Banyak suplemen multivitamin yang bisa memicu efek samping serius jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Itu sebabnya, jangan mengonsumsinya melebihi ketentuan atau resep dokter.

Ke Halaman 2 ==>

Penulis: Andra Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved