Breaking News:

Edukasi Masyarakat Tentang Seputar Donor Kornea Melalui Virtual Experience

Kampanye Eye Said Yes yang mengedukasi masyarakat mengenai informasi seputar donor kornea dan juga ajakan menjadi calon pendonor kornea

Editor: Eko Sutriyanto
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Adinia Wirasti saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dalam kurun 2014 hingga 2016, saat ini terdapat sekitar 265.000 penderita kebutaan akibat kerusakan kornea di Indonesia.

Besarnya kebutuhan akan donor kornea di Indonesia sangat berbanding terbalik dengan ketersediaan jaringan kornea yang tersedia.

Ini pula yang mendorong Lions Eye Bank Jakarta membantu masyarakat yang memiliki kelainan kornea ataupun mereka yang ingin menjadi pendonor kornea menghadirkan virtual experience A Moment Without Sight guna menyuarakan kebutuhan donor kornea di tanah air.

Dengan menggandeng Adinia Wirasti - Duta Lions Eye Bank Jakarta, virtual experience ini resmi diluncurkan tanggal 28 Januari 2021 melalui akun Instagram Lions Eye Bank Jakarta dan Adinia Wirasti.

"Virtual experience dalam bentuk video ini dipercaya menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan donor kornea di situasi yang serba terbatas ini," kata Adinia Wirasti, Duta Lions Eye Bank Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Virtual experience ini bertujuan mendukung kampanye Eye Said Yes yang mengedukasi masyarakat mengenai informasi seputar donor kornea dan juga ajakan menjadi calon pendonor kornea.

Baca juga: Anak Anjing Berusia 3 Bulan Berlumuran Lem dan Gipsum, Kornea Terbakar hingga Buta dan Patah Tulang

Kampanye ini dilakukan melalui ranah digital dengan mengajak masyarakat untuk bergerak menyatakan Eye Said Yes ketika memutuskan untuk menjadi calon pendonor kornea.

Bagi yang belum dapat menjadi pendonor, Lions Eye Bank Jakarta menerima uluran bantuan lainnya dalam bentuk donasi atau pembelian merchandise di berbagai platform e-commerce.

Dengan menggandeng Adinia Wirasti - Duta Lions Eye Bank Jakarta, virtual experience ini resmi diluncurkan tanggal 28 Januari 2021 melalui akun Instagram Lions Eye Bank Jakarta dan Adinia Wirasti
Dengan menggandeng Adinia Wirasti - Duta Lions Eye Bank Jakarta, virtual experience ini resmi diluncurkan tanggal 28 Januari 2021 melalui akun Instagram Lions Eye Bank Jakarta dan Adinia Wirasti ()

Tak hanya itu, virtual experience ini juga diharapkan dapat meruntuhkan stigma di masyarakat yang masih menganggap donor kornea merupakan hal yang tabu.

“Saya melihat bahwa masih banyak orang yang tidak tahu mengenai kebutuhan donor kornea di Indonesia, bahkan di sekitar saya pun masih banyak yang pertanyaan seputar gerakan ini.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved