Breaking News:

Kenali Jenis-jenis dan Penanganan Cedera Badan Saat Olahraga Berikut Pencegahannya

Umumnya cedera meliputi wilayah otot dan tulang. Selain faktor penyebab cedera, ada tiga klasifikasi cedera yang didapat saat menjalani olahraga.

IM Clinic
Beberapa cedera yang biasa dialami saat berolahraga antara lain cedera lutut, cedera bahu, cedera tulang kering, otot tertarik, hingga patah tulang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berolahraga merupakan aktivitas fisik yang berkaitan dengan pola hidup sehat. Dalam berolahraga, salah satu hal yang harus dihindari adalah timbulnya cidera. hal ini dapat terjadi pada siapapun, baik tua maupun muda bahkan sekelas profesional sekalipun.

Dokter spesialis orthopedi dari Siloam Hospitals Bali, dr. Made Bhawana Wijaya mengatakan, beberapa cedera yang biasa dialami saat berolahraga antara lain cedera lutut, cedera bahu, cedera tulang kering, otot tertarik, hingga patah tulang.

Disebutkan, ada beberapa faktor terjadinya cedera.

"Selain faktor individu, penyebabnya dapat pula melalui sarana berolahraga dan jenis olahraga yang dilakukan," papar dr. Made Bhawana Wijaya, melalui sesi pertama edukasi Kesehatan bertajuk "Cedera Bahu Saat Berolahraga" yang diselenggarakan Siloam Hospitals Bali, Sabtu, (13/2/2021).

Umumnya cedera meliputi wilayah otot dan tulang. Selain faktor penyebab cedera, Made Bhawana menjelaskan tiga klasifikasi cedera yang didapat ketika melakukan kegiatan.

Dokter Made Bhawana
Dokter spesialis orthopedi dari Siloam Hospitals Bali, dr. Made Bhawana Wijaya

Klarifikasi berdasarkan waktu, tingkat cedera dan berdasarkan jaringan yang terkena, yaitu jaringan lunak maupun jaringan keras.

Agar tidak terjadi cedera sebaiknya lakukan beberapa pencegahan sebelum berolahraga.

Tips ini dibagikan oleh dr. Ida Ayu Dewi, Sp OT(K) yang juga hadir sebagai narasumber di Webinar edukasi tersebut.

Baca juga: Cara Meredakan Nyeri Haid, Lakukan Olahraga Ringan hingga Hindari Makanan Ini

Ida Ayu mengatakan, keseimbangan berolahraga disesuaikan dengan tubuh dan melakukan pemanasan serta ditutup melakukan gerak pendingin paska berolahraga.

"Yang paling baik adalah mengenali kemampuan tubuh sebelum berolahraga. Lalu melakukan pemanasan," sarannya.

Baca juga: Tips 30 Menit Olahraga Setiap Hari Ala Presenter Ivan Lie untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Halaman
123
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved