Breaking News:

Kenali Tiga Kanker yang Banyak Diderita Masyarakat Indonesia, Ketahui Pula Pencegahannya

Jumlah kasus kanker di Indonesia terus meningkat. Dari data GLOBOCAN, estimasi kejadian kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus baru.

Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM - Jumlah kasus kanker di Indonesia terus meningkat. Dari data GLOBOCAN, estimasi kejadian kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus baru.

Tercatat pula 234.511 kematian akibat kanker.

Berikut tiga kanker terbanyak yang diderita oleh masyarakat Indonesia dan cara pencegahannya yang dikutip dalam webinar dengan topik ‘Milenials Care for Cancer: Peduli & Cegah Kanker Sejak Dini’, Selasa (23/2/2021).

1. Kanker Payudara

Menurut GLOBOCAN 2020, di Indonesia terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara, dengan jumlah kematian akibat kanker payudara sebanyak 22.430 kasus.

Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Hematologi Onkologi Medis dr. Nadia Ayu Mulansari SpPD KHOM
menjelaskan, mayoritas pasien kanker datang pada stadium lanjut, padahal jika kanker dideteksi dini maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi.

Baca juga: Mayoritas Penderita Kanker Berusia 25 - 49 Tahun, YKI: Milenial Harus Jalankan Gaya Hidup Sehat

Untuk itu, masyarakat, termasuk generasi milenial perlu mengetahui cara mendeteksi dini. Misalnya, untuk deteksi dini kanker payudara, bisa melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) serta tes USG atau tes mammografi, dan kanker leher rahim dengan tes papsmear.

"Cegah kanker sejak usia muda dengan pola hidup sehat, tidak makan-makanan yang diolah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan berolah raga secara teratur," ungkap Dr.Nadia.

Ciri-ciri yang perlu diwaspadai:

Halaman
123
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved