Breaking News:

Puasa Ramadhan 2021

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi saat Sahur, Kurma dan Air Putih saat Buka Puasa

Ketika berpuasa disarankan selalu mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sahur maupun berbuka puasa.

Istimewa
Ilustrasi puasa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat berpuasa di bulan Ramadan, asupan nutrisi sangat penting bagi tubuh untuk tetap kuat saat menahan lapar dan dahaga.

Lalu makanan apa yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa ?

Manager of Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjaja Putra mengatakan bahwa mengkonsumsi tiga  buah kurma dan air putih yang cukup, sangat baik bagi tubuh.

Pedagang sedang menata kurma yang berjualan di sekitar Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta membuat lesu penjualan kurma, keuntungan pedagang menurun hingga 80 persen lebih padahal pada tahun sebelumnya menjelang Ramadhan biasanya ramai pembeli. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pedagang sedang menata kurma yang berjualan di sekitar Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta membuat lesu penjualan kurma, keuntungan pedagang menurun hingga 80 persen lebih padahal pada tahun sebelumnya menjelang Ramadhan biasanya ramai pembeli. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Karena buah kurma memiliki beragam kandungan nutrisi dan rasa manis yang alami.

Sedangkan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat mengembalikan cairan tubuh. 

"Cukup berbuka dengan kurma 2 atau 3 buah, kemudian minum air putih," ujar Felicia, dalam virtual Media Gathering 2021 #Nutritalk, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Saat Puasa, Boleh Olahraga Ringan Selama 30 Menit Setiap Hari

Selain itu, ia juga menyarankan mereka yang berpuasa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sahur maupun berbuka puasa.

"Jadi pilih yang nutrisinya juga kaya, jangan pilih yang gulanya tinggi, kalorinya tinggi, tapi rendah nutrisi," jelas Felicia.

Hal itu karena makanan kaya nutrisi dapat memenuhi kebutuhan tubuh saat tidak makan dan minum selama momen berpuasa.

"Karena pada saat puasa ini kan frekuensi makannya berkurang, jadi kita harus pintar-pintar memilih makanan, supaya tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan frekuensi makan yang lebih sedikit," kata Felicia.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved