Breaking News:

Penyebab Diabetes Tipe 1 dan 2 Beda, Bagaimana Pengobatannya?

Terdapat perbedaan antara penyebab munculnya penyakit diabetes tipe 1 dan 2. Bagaimana dengan pengobatannya?

Shutterstock
Ilustrasi. Penyebab Diabetes Tipe 1 dan 2 Beda, Bagaimana Pengobatannya? 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Endokrin-Metabolik-Diabetes) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, dr. Marina Epriliawati, Sp.PD, KEMD mengatakan terdapat perbedaan antara penyebab munculnya penyakit diabetes tipe 1 dan 2.

Diabetes tipe 1 yang umumnya dialami anak-anak atau usia muda, biasanya disebabkan oleh proses autoimun yang merusak pankreas.

Pada kondisi ini, pankreas pun akhirnya tidak dapat memproduksi insulin, sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah.

"Bagi tipe 1 biasanya disebabkan karena proses autoimun yang merusak pankreas yang menyebabkan insulin hampir tidak ada kadarnya di dalam diri kita," ujar dr Marina, dalam talk show live Instagram @radiokesehatan, Senin (19/4/2021).

Suntikan Insulin D-100 Insulin yang dimiliki sebuah rumah sakit besar di Kyoto Jepang bisa melakukan pengambilan vaksin sebanyak 7 kali dari dalam botolnya.
Suntikan Insulin D-100 Insulin yang dimiliki sebuah rumah sakit besar di Kyoto Jepang bisa melakukan pengambilan vaksin sebanyak 7 kali dari dalam botolnya. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Biasanya, pengobatan yang dilakukan terhadap penderita diabetes tipe ini adalah melalui pemberian insulin suntik setiap hari.

Upaya ini untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal.

Sementara untuk penyebab diabetes tipe 2 tidak hanya karena kurangnya produksi insulin, namun juga terjadi resistensi insulin.

"Kalau diabetes tipe 2 memang terjadi juga kekurangan produksi insulin, tapi dia juga ada masalah lain yaitu kurang baiknya kerja insulin yang disebut sebagai resistensi insulin, kata dr Marina.

Upaya pengobatan terhadap penderita diabetes tipe 2 berbeda dengan tipe 1.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved