Breaking News:

Edukasi Dokter Spesialis Gizi Ini Layak Jadi Perhatian Lansia agar Tetap Bugar di Masa Pandemi

Menjaga kestabilan imun tubuh dapat dipenuhi melalui asupan gizi teratur maupun pemberian vaksinasi

ist
ilustrasi lansia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem imun merupakan mekanisme  di dalam tubuh manusia, berfungsi guna menjaga serangan dari ragam benda asing atau patogen. Material asing ini dapat berwujud polusi, bakteri maupun virus.

Jika imun tubuh terganggu maka kita akan mudah sakit. Untuk itu sistem imun harus kuat agar dapat terhindar dari berbagai penyakit.

"Jadi dalam masa pandemik seperti ini yang harus dijaga dan perlu diperhatikan adalah sistem imun," tutur Christin S.S LumbanTobing, Sp.GK., dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospitals Jantung Diagram dalam webinar edukasi bertajuk "Merawat Pasien Lansia dengan Nutrisi Optimal Di Masa Pandemi Covid-19" di Cinere, Depok, Kamis (27/5/2021).

Christin menjelaskan, menjaga kestabilan imun tubuh dapat dipenuhi melalui asupan gizi teratur maupun pemberian vaksinasi untuk memberikan antigen ke dalam tubuh sebagai stimulus agar tubuh terangsang untuk mengeluarkan antibodi atau merespon vaksin yang diberikan tubuh.

Baca juga: Selain Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi, Lansia Perlu Olahraga agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

"Untuk itu setiap antigen punya antibodi sendiri-sendiri yang spesifik, contohnya pada Influenza yang punya antibodi sendiri," imbuhnya.

Dokter Christin menjelaskan, pemberian  vaksin akan melindungi orang dan komunitas disekelilingnya, karena tidak semua orang bisa menerima dan mendapatkan vaksin.

Bagaimana dengan orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, apakah orang itu bisa kebal terhadap virus?

Menjawab pertanyaan dari salah satu peserta webinar, dokter spesialis gizi klinik, Christin menjelaskan akan adanya istilah kekebalan kelompok. Yaitu semakin banyak orang disekitarnya yang menerima vaksin maka akan semakin kuat kekebalan kelompok tersebut. Dampaknya patogen yang akan menyebar semakin menurun.

Baca juga: Sambut Hari Lansia Nasional, Yuk Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini Bersama Kakek dan Nenek Tercinta

Tips Lansia Tetap Bugar

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved