Breaking News:

Penanganan Covid

Manfaat Antioksidan Air dan Inhalasi Hidrogen Bantu Tanggulangi Efek Vaksinasi Covid-19

Secara umum vaksinasi Covid-19 biasanya tidak menimbulkan gejala yang berat dan biasanya bersifat minor dan ringan seperti pusing, mual, nyeri otot.

LiveWell Global
Inhalasi hidrogen 

TRIBUNNEWS.COM - Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap spesifik Covid-19.

Saat berada di dalam tubuh, vaksin akan bekerja dengan cara "memperkenalkan" jenis virus Covid-19 dan akan disimpan oleh sel memori tubuh.

"Lalu akan merangsang antibodi spesifik yang akan berguna melawan saat terinfeksi Covid-19," kata dr. Bintang Cristo F, Sp.BS., Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Kepala Instalasi Gawat Darurat, serta Tenaga Medis Covid-19 RS PGI Cikini.

Dikatakannya, secara umum vaksinasi Covid-19 biasanya tidak menimbulkan gejala yang berat dan biasanya bersifat minor dan ringan seperti pusing, mual, nyeri otot, nyeri di tempat bekas suntikan vaksin, kelelahan, demam, merasa lapar, dan mengantuk, namun biasanya tidak begitu mengganggu.

Bintang menyebut berbagai gejala itu bisa terjadi akibat adanya inflamasi dalam tubuh.

Baca juga: Indonesia dan Rusia Bahas Kerja Sama Produksi Vaksin Sputnik V

Untuk menguranginya, dr. Bintang menyarankan, sebelum atau sesudah divaksin kondisi tubuh harus fit.

"Cara mempersiapkan kondisi tubuh lebih optimal, yaitu dengan konsumsi makanan bergizi, beristirahat, olahraga ringan, dan menjaga kebutuhan cairan tubuh serta menjaga imunitas," katanya.

Ilustrasi vaksinasi. Bagi diabetesi, kadar gula darah harus normal agar lolos syarat vaksinasi. berikut ini merupakan tips menjaga gula darah.
Ilustrasi vaksinasi. Bagi diabetesi, kadar gula darah harus normal agar lolos syarat vaksinasi. berikut ini merupakan tips menjaga gula darah. (Shutterstock)

Bintang menyebut, antioksidan yang baik juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dan juga membantu mengatasi keluhan pasca vaksinasi Covid-19.

Antioksidan selain dari sumber buah dan sayur juga bisa didapat dari air dan inhalasi hidrogen.

Pada penelitian International Journal of Biological Sciences tahun 2019 berjudul Recent Advance in Studies of Molecular Hydrogen Against Sepsis menyatakan molekul hidrogen mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan detoksifikasi sel, meningkatkan hidrasi sel, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta memiliki efek perlindungan yang signifikan pada berbagai organ,” imbuhnya.

Baca juga: 450 Warga Norwegia yang Divaksinasi, Kini Terinfeksi Covid-19

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved