Breaking News:

Banyak Pikiran Pengaruhi Keteraturan Menstruasi pada Perempuan

Sebagian besar perempuan banyak yang mengkhawatirkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Ada isu menyebut itu mempengaruhi kesehatan.

Editor: Willem Jonata
Ilustrasi menstruasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagian besar perempuan banyak yang mengkhawatirkan siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Beberapa isu ada yang mengatakan jika tidak keteraturan menstruasi dapat memengaruhi kesehatan.

Menurut seksolog kondang dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, terkadang ketidakteraturan menstruasi disebabkan oleh pikiran.

"Ketika banyak pikiran, dapat menimbulkan pergolakan hormon akibat stres. Akibatnya hormon mengalami gejolak memengaruhi siklus dari ovarium, idung telur," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip Tribunnews, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Bolehkah Berhubungan Seks saat Menstruasi? Simak Penjelasannya Berikut

Baca juga: 9 Manfaat Manggis untuk Kesehatan: Dapat Meringankan Masalah Menstruasi hingga Mencegah Kanker

Akibatnya tanpa dirasa, timbul flek, lebih banyak, beberapa menyebabkan kering dan tidak mens. Karena pergolakan hormon akibat proses pikiran ini lah yang memengaruhi kelancaran menstruasi.

"Sebagian gangguan haid pada perempuan lebih banyak di faktor pikiran. Oleh karena itu buat pikiran santai, rileks dan yang terpenting syukuri hidup ini dengan apa adanya," pungkasnya. 

Dr Boyke pun menyarankan untuk jangan mengejar sesutu di luar jangkauan. Ia pun berkata jika keinginan dan ambisi jangan sampai menghancurkan kehidupan seksual seseorang.

ilustrasi periode menstruasi
ilustrasi periode menstruasi ()

Di sisi lain, ada pula yang menanyakan dampak menstruasi lebih cepat. Misalnya saat masih duduk di bangku sekolah dasar. 

Menanggapi hal ini dr Boyke menyebutkan jika lebih awal menstruasi berkemungkinan akan menopause di atas usia 50 tahun. 

Baca juga: Ratusan Perempuan Skandinavia Mengaku Menstruasinya Terganggu Usai Divaksin

"Biasanya menopause di atas 50 tahunan. Selama anda menjaga pola hidup sehat, sehingga hormon estrogen terjaga. Sehingga akan lebih lama menopause nya dibandingkan wanita lain," katanya lagi.b 

Namun harus diingat, mereka yang lebih awal mendapatkan menstruasi mudah terkena kanker payudara. Oleh karena itu lupa melakukan chek up kesehatan. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved