Breaking News:

Kesehatan

Cara Membersihkan Telinga yang Tepat dari Dokter Spesialis THT

dr. Rosydiah Rahmawati, Sp.THT-KL(K) mengatakan, membersihkan telinga dengan cotton bud tidaklah dilarang namun harus hati-hati.

Kompas.com
Ilustrasi membersihkan telinga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sebagai organ pendengaran, telinga harus dijaga kebersihannya. Mayoritas dari kita menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Konsultan THT-KL bidang Otologi sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga , dr. Rosydiah Rahmawati, Sp.THT-KL(K) mengatakan, membersihkan telinga dengan cotton bud tidaklah dilarang namun harus hati-hati.

Pasalnya, jenis kotoran itu bermacam-macam.

"Sebenarnya kotoran telinga itu berada di sisi luar, kadang gerakan membersihkan dengan cotton bud itu bisa mendorong kotoran malah masuk ke dalam. Itu yang dikhawatirkan,” katanya dikutip dari laman UNAIR.go.id, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Viral Video Bidan Puskesmas Diduga Hina Ibu Hamil Sampai ke Telinga Wagub DKI, Begini Responsnya

Jika kotorannya hanya sedikit kemudian lembek dan dibersihkan hanya di luar itu tidak masalah.

"Tapi kalau kotorannya banyak, besar, keras, dan cenderung bertumpuk maka kalau dibersihkan sendiri dengan cotton bud justru malah kedorong masuk,” imbuhnya.

Lantas bagaimana penggunaan obat tetes telinga yang dijual di pasaran, apakah bisa menjadi pilihan untuk membersihkan telinga?

Rosydiah menegaskan, ada obat tetes telinga yang dapat digunakan untuk melunakkan kotoran tetapi harus diresepkan oleh dokter spesialis THT-KL atau dokter umum.

“Kalau masyarakat beli sendiri tanpa resep dokter, terkadang tidak tepat,” tegasnya.

Baca juga: 8 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved