Kiat Memilih Trampolin untuk Kebutuhan Mainan Anak-anak

Anak-anak yang menggunakan trampolin di fasilitas umum lebih mungkin mengalami cedera serius dibandingkan mereka yang menggunakan trampolin di rumah.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
very well family
Wahana permainan anak-anak trampolin. Anak-anak yang menggunakan trampolin di fasilitas umum lebih mungkin mengalami cedera serius dibandingkan mereka yang menggunakan trampolin di rumah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Trampolin merupakan salah satu jenis mainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, namun di balik itu ada kekhawatiran tentang potensi cedera yang dapat ditimbulkannya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pencegahan Cedera British Medical Journal telah menemukan, cedera trampolin berada di balik setengah dari seluruh total penerimaan pasien di rumah sakit darurat Inggris diantara usia di bawah 14 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menggunakan trampolin di fasilitas umum lebih mungkin mengalami cedera serius dan memerlukan perawatan di rumah sakit, dibandingkan mereka yang menggunakan trampolin di rumah.

Kendati demikian, para peneliti ini telah menyerukan kepada publik untuk meningkatkan kesadaran yang lebih besar tentang potensi bahaya secara keseluruhan.

Dikutip dari laman www.chroniclelive.com, Senin (20/6/2022), Royal Society for the Prevention of Accidents (RoSPA) mengatakan bahwa cedera pada bagian kepala dan leher adalah yang paling serius terkait dengan insiden jatuh dari trampolin.

Sedangkan cedera yang paling umum disebabkan oleh pendaratan yang kaku, termasuk keseleo atau patah tulang pada pergelangan tangan, lengan bawah, siku dan tulang selangka.

Untuk membantu para orang tua dalam menjaga anak-anak mereka, badan amal tersebut pun memberikan panduan berisi sederet hal yang perlu diingat untuk penggunaan trampolin di rumah maupun taman.

Baca juga: Sejarah Pasar Gembrong Jakarta Timur, Pasar Grosir Mainan Anak yang Alami Kebakaran

Ada pula tips tentang apa yang harus dipertimbangkan para orang tua saat membeli trampolin dan di mana harus meletakkan alat ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatiman sebelum membeli trampolin, meliputi:

1. Bantalan pengaman

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved