Berwisata ke Embung Giriroto

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) membangun banyak tampungan air di berbagai daerah yang disesuaikan

Berwisata ke Embung Giriroto
PUPR
Embung Giriroto 

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia memiliki potensi sumber daya air yang sangat besar, yaitu sekitar 3,9 triliun meter kubik per tahun. Namun, besarnya potensi sumber daya air tersebut belum tersebar merata antara satu wilayah dengan wilayah lainnya, sehingga masih ada beberapa wilayah yang dilanda kekeringan ketika musim kemarau, dan ada pula yang terkena banjir disaat musim hujan.

Bukan hanya itu, sampai saat ini pemanfaatannya juga belum optimal, sehingga sebagian besar air masih terbuang ke laut tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu.

Baca: Bendungan Gondang Bisa Jadi Destinasi Wisata Indah di Jawa Tengah

Agar potensi tersebut bisa bermanfaat secara merata dan maksimal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) membangun banyak tampungan air di berbagai daerah yang disesuaikan dengan kondisi topografi wilayahnya, seperti bendungan, bendung, dan embung.

Berbagai tampungan air tersebut pun beragam manfaatnya, mulai untuk pengairan pada Daerah Irigasi (DI), air baku untuk kebutuhan masyarakat, sumber untuk pembangkit tenaga listrik, pengendali banjir, konservasi sumber daya air, sampai destinasi wisata. Salah satu tampungan air yang sudah selesai dibangun oleh Ditjen SDA ada di Boyolali, yaitu Embung Giriroto.

Embung yang berlokasi di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah tersebut telah rampung dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Embung dengan luas 1,3 hektar yang memiliki kedalaman 5,5 meter ini mampu menampung air sebanyak 48.000 meter kubik.

Embung Giriroto memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai wadah penampung air hujan untuk mengairi lahan pertanian seluas 74 hektar milik warga di Desa Giriroto yang diharapkan bisa meningkatkan produksi pertaniannya, juga sebagai cadangan sumber air dikala musim kemarau.

Selain itu, Embung Giriroto akan mempermudah sistem kontrol terhadap kelebihan debit air yang dapat mengakibatkan banjir di daerah tersebut.

Baca: Alat Pengukur Kekuatan Jalan Temuan Pusjatan Kementerian PUPR Rambah Pasar Timor Leste

Tidak itu saja, Embung ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Ada berbagai permainan seru yang tersedia di embung tersebut, seperti perahu bebek, mainan mobil-mobilan buat anak-anak, dan juga odong-odong.

Sembari menikmati wahana permainan keluarga yang beraneka ragam tersebut, para wisatawan yang datang juga bisa menikmati momen sunsetdi Embung Giriroto. Panorama senja yang ciamik akan membuat wisatawan betah berlama-lama di embung ini. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved