Breaking News:

Strategi 2021, Kemenparekraf Targetkan 6.500 Pelaku Usaha Parekraf Tersertifikasi CHSE

Bangkitkan sektor Parekraf di tengah pandemi, Menteri Sandiaga Uno targetkan 6500 pelaku usaha tersertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE.

capture zoom meeting
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual 'Virtual Indonesia: Surga Yang Tersembunyi', Rabu (27/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus memperkuat strateginya dalam membangkitkan sektor Parekraf yang lesu akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Satu di antaranya dengan menargetkan 6.500 pelaku usaha parekraf tersertifikasi protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di tahun 2021.

Sertifikasi CHSE saat ini menjadi persyaratan yang sangat penting bagi industri parekraf untuk memulihkan kepercayaan wisatawan dalam upaya menggeliatkan kembali aktivitas pariwisata.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Akan Gulirkan Rp 13,4 Triliun

Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Uno mengatakan program tersebut juga menjadi jaminan bagi para wisatawan bahwa produk dan pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar dan protokol kesehatan.

"Pada tahun 2021, kita targetkan sebanyak 6.500 pelaku usaha yang tersertifikasi CHSE," ujar Sandiaga, dalam agenda virtual 'Bincang-bincang Program CHSE dan Gerakan Pakai Masker' Selasa (2/2/2021).

Ia pun berencana meningkatkan angka target tersebut melalui sistem kolaborasi dengan para pelaku usaha.

Hal ini harus dilakukan untuk menyelamatkan 34 juta lapangan pekerjaan di industri parekraf yang terdampak pandemi.

"Namun, angka ini harus kita tingkatkan lagi dengan cara kita merangkul dunia usaha untuk ikut berpartisipasi, sehingga jumlahnya dapat meningkat. Karena ada 34 juta lapangan kerja yang harus kita selamatkan," jelas Sandiaga.

Baca juga: Menteri Sandiaga Sampaikan Kunci Sukses Pariwisata Bukan Cuma Hotel Bintang Lima

Sandiaga menekankan bahwa dirinya berkomitmen menyelamatkan para pekerja di sektor ini lantaran hal itu merupakan tugas utamanya saat ini, setelah menjabat sebagai Menteri yang membidangi sektor Parekraf.

Ia menyebutkan contoh pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif, yakni Saung Angklung Mang Udjo yang memiliki banyak pekerja namun harus menerima kenyataan pahit bahwa angka kunjungan wisatawannya menurun drastis di masa pandemi.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved